KONSUMSI ENERGI, PROTEIN, AKTIVITAS FISIK, PENGETAHUAN GIZI DENGAN STATUS GIZI SISWA SDN DUKUHSARI KABUPATEN SIDOARJO

  • Amanatuz Zuhriyah Universitas Negeri Surabaya
  • Veni Indrawati Universitas Negeri Surabaya
  • Veni Indrawati Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Status Gizi, Konsumsi, Aktivitas, Pengetahuan

Abstract

Status gizi adalah gambaran yang berasal dari keseimbangan jumlah asupan makanan dan kebutuhan gizi. Status gizi dipengaruhi langsung oleh asupan makan sehari-hari dan penyakit menular atau infeksi. Selain itu, secara tidak langsung, aktifitas fisik dan pengetahuan gizi mempengaruhi status gizi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsumsi energi, protein, aktivitas fisik dan pengetahuan gizi anak terhadap status gizi siswa kelas 4-6 SDN Dukuhsari II Kabupaten Sidoarjo. Pendekatan pada penelitian ini menggunakan crossectional, dengan subjek anak sekolah dasar kelas 4-6 berjumlah 55 anak. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner food recall 2x24 jam dengan metode wawancara, kuesioner Physical Activity Questionnaire for Children (PAQ-C), pengisian tes pengetahuan gizi dan pengukuran berat badan dan tinggi badan yang dilakukan secara langsung. Data selanjutnya dianalisis dengan korelasi rank spearman. Hasil analisis statistik menunjukkan adanya hubungan antara konsumsi energi (P=0,000, r=0,583) dan protein (P=0,000, r=0,569) dengan status gizi responden. Tidak terdapat hubungan anatara aktivitas fisik (P=0,926, r=-0,018) dan pengetahuan gizi anak (P=0,368, r=0,091) dengan status gizi anak responden

References

Almatsier, S. 2010. Prinsip Dasar Ilmu Gizi. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.
Anggraeni, E. 2017. Hubungan Tingkat Kecukupan Energi Dan Protein Dengan Status Gizi Pada Anak Kelas V Sekolah Dasar Islam Terpadu. 180–184. Kediri : Akademi Gizi Karya Husada Kediri.
Asakura, K., Todoriki, H., & Sasaki, S. 2017. Relationship between nutrition knowledge and dietary intake among primary school children in Japan: Combined effect of children’s and their guardians’ knowledge. Journal of Epidemiology, 27(10), 483–491.
De Villiers, A., Steyn, N. P., Draper, C. E., Hill, J., Gwebushe, N., Lambert, E. V., & Lombard, C. 2016. Primary school children’s nutrition knowledge, self-efficacy, and behavior, after a three-year healthy lifestyle intervention (HealthKick). Ethnicity and Disease, 26(2), 171–180.
Dieny, F. F. 2007. Hubungan Body Image, Aktifitas Fisik, Asupan Energi dan Protein Dengan Status Gizi Pada Siswa SMA. Semarang : Universitas Diponegoro Semarang.
Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo. 2018. Profil Kesehatan Kabupaten Sidoarjo Tahun 2018. Sidoarjo : Dinas Kesehatan Sidoarjo.
Endah, E. M. S., & Desi, D. 2019. Kontribusi Asupan Energi Dan Protein School Feeding Dan House Feeding Pada Anak Usia 4 6 Tahun. Jurnal Gizi KH, 1(2), 96–101. Kediri : Akademi Gizi Karya Husada Kediri.
Erkan, T. 2011. Adolescent nutrition. Turk Pediatri Arsivi, 46(SUPPL.1), 49–53. New Delhi : WHO Regional Office for South-East Asia.
Ermona, N. D. N. 2018. Hubungan Aktivitas Fisik Dan Asupan Gizi Dengan Status Gizi Lebih Pada Anak Usia Sekolah Dasar Di Sdn Ketabang 1 Kota Surabaya Tahun 2017. Amerta Nutrition, 97–105. Surabaya : Universitas Airlangga.
Erpridawati, D. D. 2012. Hubungan Pengetahuan Tentang Gizi Dengan Status Gizi Siswa Smp Di Kecamatan Kerjo Kabupaten Karanganyar.
Hardinsyah, & Supariasa, I. D. N. 2016. Ilmu Gizi Teori dan Aplikasi. Jakarta : Buku Kedokteran EGC.
Kementrian Kesehatan. 2016. Profil Kesehatan Jawa Timur Tahun 2017. Surabaya : Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur.
Kurniawan, W. 2018. Gambaran perilaku aktivitas fisik pada anak dengan imt berlebih di sekolah dasar negeri butuh tugas akhir. Salatiga : Universitas Kristen Satya Wacana.
Mamba, N. P. S., Napoles, L., & Mwaka, N. M. 2019. Nutrition Knowledge, Attitudes And Practices Of Primary School Children In Tshwane Metropole, South Africa. African Journal of Primary Health Care & Family Medicine, 11, 1–7.
Maturoh, I., & T., N. A. 2018. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.
Nagari, R. K., & Nindya, T. S. 2017. Tingkat Kecukupan Energi, Protein Dan Status Ketahanan Pangan Rumah Tangga Berhubungan Dengan Status Gizi Anak Usia 6-8 Tahun. Amerta Nutrition, 1(3), 189. Surabaya : Universitas Airlangga.
Pahlevi, A. E. 2012. Determinan Status Gizi Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 122–126. Semarang : Universitas Negeri Semarang.
Pramadewi, N. M. I. 2019. Hubungan Pengetahuan, Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (Phbs) Dan Asupan Gizi Makro Dengan Status Gizi Siswa Sd Negeri 5 Sanur Denpasar. 1–10. Denpasar : Politeknik Kesehatan Kemenkes Denpasar.
Purtiantini. 2010. Hubungan Pengetahuan Dan Sikap Mengenai Pemilihan Makanan Jajanan Dengan Perilaku Anak Memilih Makanan Di Sdit Muhammadiyah Al Kautsar Gumpang Kartasura (p. 60). Sukoharjo : Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Qamariyah, B., & Nindya, T. S. 2018. Hubungan Antara Asupan Energi, Zat Gizi Makro dan Total Energy Expenditure dengan Status Gizi Anak Sekolah Dasar. Amerta Nutrition, 2(1), 59. Surabaya : Universitas Airlangga.
Rahma, E. N., & Wirjatmadi, B. 2020. Hubungan antara Aktivitas Fisik dan Aktivitas Sedentari dengan Status Gizi Lebih pada Anak Sekolah Dasar. Amerta Nutrition, 4(1), 79. Surabaya : Universitas Airlangga.
Rahmiwati, A., Sitorus, R. J., Arinda, D. F., & Utama, F. 2019. Determinan Obesitas Pada Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Kesehatan, 11(2), 25–34. Padang : Universitas Sriwijaya.
Ramadona, E. T. 2018. the Relation Between Body Mass Index and Physical Activity Levels for Fifth Graders Inthe State Elementary School of Samirono , Depok District , Sleman. 1–11. Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta.
Sari, M., Endayani, D., & Alibbirwin. 2018. Asupan Karbohidrat Dan Protein Berhubungan Dengan Status Gizi Anak Sekolah Di Syafana Islamic School Primary, Tangerang Selatan Tahun 2017. ARGIPA (Arsip Gizi Dan Pangan), 3(1), 48–58. Jakarta : Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka.
Sari, Y. K. 2015. Hubungan Pendapatan Orangtua, Aktivitas Fisik Dan Frekuensi Konsumsi Fastfood Dengan Status Gizi Pada Anak Sekolah Dasar Di Sekolah Dasar Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta. Sukoharjo : Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Suharsa, H. 2016. Status gizi lebih dan faktor-faktor lain yang berhubungan pada siswa sekolah dasar Islam Tirtayasa kelas IV dan V di kota Serang Tahun 2014. Jurnal Lingkar Widyaiswara, 3(1), 53–76. Banten : Widyaiswara.
Utami, D. T., Hatijah, N., Shofiya, D., Gizi, J., & Kemenkes Surabaya, P. 2016. Efek aktivitas fisik terhadap status gizi remaja di Smp Muhammadiyah 5 Surabaya. Jurnal Gizikes, 2(1), 122–128. Surabaya Politeknik Kesehatan Kemenkes Surabaya.
Welis, W., & Rifki, M. S. 2016. Gizi Untuk Aktifitas Fisik Dan Kebugaran. Padang : Sukabina Press.
WHO. 1973. Energy and Protein Requirements. WHO. http://www.fao.org/3/aa040e/aa040e00.htm
WHO. 2020. Physical Activity. https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/physical-activity
Wiradnyani, L. A. A., Pramesthi, I. L., Raiyan, M., Nuraliffah, S., & Nurjanatun. 2016. Gizi dan Kesehatan Anak Usia Sekolah Dasar: Buku Pegangan dan Kumpulan Rencana Ajar untuk Guru Sekolah Dasar. Jakarta : Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Wiriastuti, M. A. W. 2019. Hubungan Tingkat Pengetahuan Kebiasaan Jajan Dan Tingkat Konsumsi Makanan Jajanan Dengan Status Gizi Anak Sekolah Dasar Negeri 29 Dangin Puri Denpasar (p. 55). Denpasar : Politeknik Kesehatan Kemenkes Denpasar.
Published
2021-07-31
How to Cite
Zuhriyah, A., Indrawati, V., & Indrawati, V. (2021). KONSUMSI ENERGI, PROTEIN, AKTIVITAS FISIK, PENGETAHUAN GIZI DENGAN STATUS GIZI SISWA SDN DUKUHSARI KABUPATEN SIDOARJO. GIZI UNESA, 1(1), 45-52. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/GIZIUNESA/article/view/41342