KONSUMSI ENERGI, PROTEIN, AKTIVITAS FISIK, PENGETAHUAN GIZI DENGAN STATUS GIZI SISWA SDN DUKUHSARI KABUPATEN SIDOARJO
Keywords:
Status Gizi, Konsumsi, Aktivitas, PengetahuanAbstract
Status gizi adalah gambaran yang berasal dari keseimbangan jumlah asupan makanan dan kebutuhan gizi. Status gizi dipengaruhi langsung oleh asupan makan sehari-hari dan penyakit menular atau infeksi. Selain itu, secara tidak langsung, aktifitas fisik dan pengetahuan gizi mempengaruhi status gizi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsumsi energi, protein, aktivitas fisik dan pengetahuan gizi anak terhadap status gizi siswa kelas 4-6 SDN Dukuhsari II Kabupaten Sidoarjo. Pendekatan pada penelitian ini menggunakan crossectional, dengan subjek anak sekolah dasar kelas 4-6 berjumlah 55 anak. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner food recall 2x24 jam dengan metode wawancara, kuesioner Physical Activity Questionnaire for Children (PAQ-C), pengisian tes pengetahuan gizi dan pengukuran berat badan dan tinggi badan yang dilakukan secara langsung. Data selanjutnya dianalisis dengan korelasi rank spearman. Hasil analisis statistik menunjukkan adanya hubungan antara konsumsi energi (P=0,000, r=0,583) dan protein (P=0,000, r=0,569) dengan status gizi responden. Tidak terdapat hubungan anatara aktivitas fisik (P=0,926, r=-0,018) dan pengetahuan gizi anak (P=0,368, r=0,091) dengan status gizi anak respondenDownloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
2021-07-31
How to Cite
Zuhriyah, A., Indrawati, V. and Indrawati, V. (2021) “KONSUMSI ENERGI, PROTEIN, AKTIVITAS FISIK, PENGETAHUAN GIZI DENGAN STATUS GIZI SISWA SDN DUKUHSARI KABUPATEN SIDOARJO”, Jurnal Gizi dan Kesehatan Nusantara, 1(1), pp. 45–52. Available at: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/GIZIUNESA/article/view/41342 (Accessed: 25 June 2025).
Issue
Section
Artikel

