PAPARAN IKLAN DAN PENGETAHUAN GIZI TERHADAP POLA KONSUMSI MAKANAN JAJANAN DAN MINUMAN SISWA SMPN 1 RENGEL

Authors

  • Cinta Damayanti Universitas Negeri Surabaya
  • Veni Indrawati Universitas Negeri Surabaya
  • Choirul Anna Nur Afifah Universitas Negeri Surabaya
  • Rahayu Dewi Soeyono Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

paparan iklan televisi, pengetahuan gizi, pola konsumsi

Abstract

Pemilihan makanan oleh remaja merupakan keputusan pribadi yang dapat dipengaruhi oleh berbagai aspek, beberapa di antaranya adalah paparan iklan dan pengetahuan gizi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh paparan iklan televisi terhadap jumlah konsumsi makanan jajanan dan minuman, mengetahui pengaruh paparan iklan televisi terhadap frekuensi konsumsi makanan jajanan dan minuman, mengetahui pengaruh pengetahuan gizi terhadap jumlah konsumsi makanan jajanan dan minuman, mengetahui pengaruh pengetahuan gizi terhadap frekuensi konsumsi makanan jajanan dan minuman siswa kelas 8 SMPN 1 Rengel, Kabupaten Tuban. Jenis penelitian kuantitatif menggunakan metode cross sectional, pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik random sampling dengan responden 80 siswa. Data paparan iklan dan pengetahuan gizi diperoleh melalui pengisian kuesioner, sedangkan untuk data pola konsumsi melalui wawancara dengan pengisian formulir SQFFQ. Analisis data menggunakan uji Chi Square untuk paparan iklan terhadap pola konsumsi dan Rank Spearman untuk pengetahuan gizi terhadap pola konsumsi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa paparan iklan tidak berpengaruh terhadap jumlah konsumsi makanan jajanan dan minuman (p = 0,823), paparan iklan berpengaruh terhadap frekuensi konsumsi makanan jajanan dan minuman (p = 0,026), pengetahuan gizi tidak berpengaruh terhadap jumlah konsumsi makanan jajanan dan minuman dengan korelasi negatif lemah (r = -0,043; p = 0,704), dan pengetahuan gizi berpengaruh terhadap frekuensi konsumsi makanan jajanan dan minuman, dengan korelasi negatif cukup (r = -0,254; p = 0,023). Sehingga dapat ditarik simpulan bahwa keterpaparan iklan dan pengetahuan gizi kurang dapat mempengaruhi jumlah konsumsi makanan jajanan dan minuman. Namun pada pengetahuan gizi bernilai negatif, yang dapat menunjukkan semakin baik pengetahuan gizi semakin sedikit atau rendah kekerapan frekuensi makanan jajanan dan minuman.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustiningsasi, Eriga. 2017. “Hubungan Antara Paparan Iklan Makanan Dan Minuman Ringan Di Televisi Dengan Perilaku Pemilihan Jajanan Pada Anak (Studi Analitik Pada Anak Dengan Status Gizi Lebih Sekolah Dasar Jember Lor 01 Patrang Kabupaten Jember).” : 106.

Arfan, Iskandar, Putri Mauludina, And Abduh Ridha. 2020. “Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Konsumsi Buah Dan Sayur Pada Remaja Smp Di Kota Pontianak (Studi Kasus Pada Smp uhammadiyah 1 Dan Smp Muhammadiyah 2 Kota Pontianak).” Jurnal Mahasiswa Dan Penelitian Kesehatan 7(1): 23–33. Http://Openjurnal.Unmuhpnk.Ac.Id/Index.Php/Jjum.

Arianti, Desi. 2019. “Gambaran Pengetahuan Dan Sikap Tentang Makanan Jajanan Sehat Pada Siswa Smpn 4 Lubuk Pakam.” Politeknik Kesehatan Medan.

Artadini, Gagar Milenianti, Sintha Fransiske Simanungkalit, And Utami Wahyuningsih. 2022. “The Relationship Between Eating Habits, Social Media Exposure And Peers With Nutritional Status Of Nutrition Students At Upn Veteran Jakarta.” Jgk 14(2): 317–29.

Bpom, Ri. 2021. Pedoman Pangan Jajanan Anak Sekolah Untuk Pencapaian Gizi Seimbang.

Fitriana, Vina Dina, Endo Dardjito, And Widya Ayu Kurnia Putri. 2022. “Hubungan Tingkat Stres Dengan Asupan Zat Gizi Makro Dan Pola Konsumsi Makanan Pada Mahasiswi Tingkat Akhir.” Journal Of Nutrition College 11(3): 204–10.

Girsang, Lasmery R M. 2017. “Pengukuran Efektivitas Iklan ( Studi Komparasi : Iklan Media Cetak Dan Iklan Media Online ).” 1(2): 68–86.

Hadisuyitno, Juin, Carissa Cerdasari, And B Doddy Riyadi. 2021. “Hubungan Pengetahuan Gizi Seimbang Dan Pola Konsumsi Makan Mahasiswa.” Jurnal Gizi Kh 1(1): 28–32.

Hateriah, St., And Linda Kusumawati. 2021. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Kebiasaan Konsumsi Makanan Jajanan Pada Murid Sd Negeri 1 Manarap Lama Kabupaten Banjar.” Dinamika Kesehatan Jurnal Kebidanan Dan Keperawatan 12(1): 57–69.

Notoadmodjo. 2010. “Metodologi Penelitian Kesehatan.”

Rahman, Muhammad Fatthul, Ratih Agustin Prikhatina, And Sarah Mardiyah. 2022. “Faktor Yang Berhubungan Dengan Frekuensi Konsumsi Makanan Jajanan Pada Siswa Sdn Mekasari 03 Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi Tahun 2021.” Jurnal Ilmiah Gizi Kesehatan 10(November): 56–67.

Sulistyadewi, Ni Putu Eny, And Rai Riska Resty Wasita. 2022. “Pengetahuan Gizi Seimbang Terhadap Perilaku Pemilihan Makanan Jajanan Pada Remaja Di Smk Kesehatan Bali Khresna Medika.” Jurnal Kesehatan 10(3): 140–48.

Tarawan, Vita Muniarti, Ronny Lesmana, Hanna Gunawan, And Julia Windi Gunadi. 2020. “Hubungan Antara Pola Konsumsi Dan Tingkat Pengetahuan Mengenai Gizi Seimbang Pada Warga Desa Cimenyan.” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 4(2): 57–59.

Wardaningrum, Chelly. 2018. “Hubungan Antara Paparan Iklan Junk Food Dan Frekuensi Konsumsi Junk Food Dengan Status Gizi Lebih Pada Remaja Smp Di Wilayah Kerja Puskesmas Purwosari Kota Surakarta.”

Yanti, N. K. D. W. 2023. “Hubungan Pola Konsumsi Jajanan Dan Aktivitas Fisik Dengan Obesitas Pada Remaja Di Smpn 1 Kuta.”

Published

2024-07-08

How to Cite

Damayanti, C. (2024) “PAPARAN IKLAN DAN PENGETAHUAN GIZI TERHADAP POLA KONSUMSI MAKANAN JAJANAN DAN MINUMAN SISWA SMPN 1 RENGEL”, Jurnal Gizi dan Kesehatan Nusantara, 4(2), pp. 608–614. Available at: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/GIZIUNESA/article/view/60605 (Accessed: 1 July 2025).
Abstract views: 392 , PDF Downloads: 222

Most read articles by the same author(s)