PENGARUH PENURUNAN AKTIVITAS FISIK TERHADAP KENAIKAN BERAT BADAN MAHASISWA JURUSAN PKO UNESA SELAMA KULIAH DARING

Authors

  • Adek Setia Wahyuneng Tyas Universitas Negeri Surabaya
  • Rahayu Dewi Soeyono

Keywords:

Aktivitas, Berat Badan, Olahraga

Abstract

Terjadinya pandemi Covid-19 (coronavirus disease 2019) Indonesia mempengaruhi di banyak bidang sebagai contoh dalam bidang pendidikan yakni pelaksanaan perkuliahan secara daring (online) dapat menyebabkan perubahan pola aktivitas fisik dan kenaikan berat badan pada mahasiswa fakultas Ilmu Olahraga di Universitas Negeri Surabaya (UNESA), namun tidak banyak perubahan aktivitas olahraga dari penelitian membahas mahasiswa yang dilakukan selama pandemi covid-19. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui perubahan aktivitas fisik dan perubahan berat badan pada mahasiswa Pendidikan Kepelatihan Olahraga (PKO) di UNESA sebelum dan selama pandemi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan non eksperimen. Data didapatkan melalui survei kuesioner online dengan menggunakan Google Form yang melibatkan sebanyak 110 mahasiswa. Populasi dari penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ilmu Olahraga di UNESA dan sampel dari penelitian ini adalah mahasiswa jurusan PKO angkatan 2017. Data penelitian di analisis dengan menggunakan uji t berpasangan atau paired t-test. Hasil pengujian t berpasangan menyimpulkan bahwa terdapat perbedaan signifikan rata-rata berat badan dan aktivitas fisik mahasiswa PKO di UNESA kondisi sebelum perkuliahan daring dan kondisi saat ini (p= 0,001). Hal ini menunjukkan adanya pengaruh bermakna dari perkuliahan secara daring terhadap penurunan aktivitas fisik dan kenaikan berat badan mahasiswa PKO di UNESA.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-07-14

How to Cite

Tyas, A. S. W. and Soeyono, R. D. (2021) “PENGARUH PENURUNAN AKTIVITAS FISIK TERHADAP KENAIKAN BERAT BADAN MAHASISWA JURUSAN PKO UNESA SELAMA KULIAH DARING”, Jurnal Gizi Universitas Negeri Surabaya, 1(1), pp. 1–6. Available at: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/GIZIUNESA/article/view/41090 (Accessed: 14 May 2025).
Abstract views: 764 , PDF Downloads: 808