Penerapan Video Based Learning Gizi Seimbang Terhadap Pengetahuan Difabel Tunarungu Di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Pati, Jawa Tengah

Penulis

  • Sheilla Eka Putri Universitas Negeri Surabaya
  • Rahayu Dewi Soeyono Universitas Negeri Surabaya

Kata Kunci:

Difabel Tunarungu, Gizi Seimbang, Edukasi, Media Video

Abstrak

Anak tunarungu merupakan anak yang mempunyai gangguan pada pendengarannya sehingga tidak dapat mendengar bunyi dengan sempurna. Pada anak tunarungu segala sesuatu yang terekam lewat persepsi visualnya hanya seperti film bisu. Video pembelajaran adalah salah satu media yang dapat digunakan dalam pembelajaran menyimak, menirukan dan membedakan. Media video pembelajaran diharapkan dapat membantu siswa tunarungu meningkatkan kemampuannya dalam pembelajaran dan siswa tidak mudah bosan. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh pemberian edukasi berbasis video terhadap pengetahuan penyandang difabel tunarungu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode pre-eksperimental. Perencanaan yang digunakan adalah One Group Pre-Test dan Post-Test Design dengan sampel 15 siswa tunarungu di SLB Negeri Pati. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh pemberian edukasi gizi seimbang terhadap pengetahuan difabel Tunarungu menggunakan media video yang dibuktikan dengan hasil uji statistik Paired T-Test dengan Sig. 0,0004 (<0,05). Selain itu, hasil penelitian juga menunjukkan terdapat hubungan pemberian edukasi gizi seimbang terhadap sikap (afektif) difabel Tunarungu menggunakan media video yang dibuktikan dengan hasil uji statistic Wilcoxon dengan Sig. 0,038 (<0,05).

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Jones, E. G. (2019). Nutritional Health Among Deaf Adults.

Kemendikbud RI. (2019). Gizi dan Kesehatan Anak Usia Sekolah Dasar. Jakarta: SEAMEO RECFON.

Lestari, W. &. (2019). Meningkatkan kemampuan Membaca Kata Melalui Media Video Pembelajaran Bagi Anak Tunarungu. Jurnal Penelitian Pendidikan Kebutuhan Khusus.

Masula, F. (2020). Pengaruh Edukasi Gizi Terhadap tingkat Pengetahuan Dan Pola Makan Gizi Seimbang Pada Responden Tunarungu . University of Nahdlatul Ulama Surabaya Repository.

Mawarni, E. E. (2017). Membentuk Perilaku sarapan Sehat Anak Tunarungu Melalui Edukasi Gizi Berbasis Media Gambar. Healthy.

Mudjiyanto, B. (2018). Pola Komunikasi Siswa tunarungu di Sekolah Luar Biasa Negeri Bagian B Kota Jayapura. Jurnal Studi Komunikasi dan Media.

Novia, R. F. (2018). Problematika Anak Tunarungu Dan Cara Mengatasinya. Quality.

Unduhan

Diterbitkan

2024-01-19

Cara Mengutip

Putri, S. E. dan Soeyono, R. D. (2024) “Penerapan Video Based Learning Gizi Seimbang Terhadap Pengetahuan Difabel Tunarungu Di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Pati, Jawa Tengah”, Jurnal Gizi dan Kesehatan Nusantara, 4(1), hlm. 527–531. Tersedia pada: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/GIZIUNESA/article/view/57815 (Diakses: 25 Juni 2025).
Abstract views: 83 , PDF Downloads: 70