Optimalisasi Pemasaran Industri Kreatif Batik Suminar Dalam Meningkatkan Daya Saing (Studi Kasus Pada UMKM Home Industry Joglo Suminar Batik Kabupaten Kediri)

Authors

  • Firdausi Irma Salsabila Universitas Negeri Surabaya
  • Sarmini Sarmini Universitas Negeri Surabaya
  • Katon Galih Setyawan Universitas Negeri Surabaya
  • Ali Imron Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/penips.v3i2.54949

Keywords:

Optimalisasi Pemasaran, UMKM Home Industry Joglo Suminar Batik, Daya Saing

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh home industry Joglo Suminar Batik yang proses pemasarannya masih dilakukan secara sederhana, yaitu promosi dari mulut ke mulut dan kurang memanfaatkan teknologi informasi sehingga daya saing produk kurang optimal. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menggali informasi mengenai : (1) optimalisasi pemasaran yang diterapkan home industry Joglo Suminar Batik dalam meningkatkan daya saing, (2) faktor pendukung dan penghambat pemasaran yang diterapkan home industry Joglo Suminar Batik dalam meningkatkan daya saing. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Teori Strategi Generik dari Michael E. Porter. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Informan penelitian ini ialah Dra. Hj. Suminarwati Sundoro selaku pemilik home industry Joglo Suminar Batik, karyawan dan konsumen Batik Suminar. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan menggunakan analisis data model Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini antara lain (1) optimalisasi pemasaran yang diterapkan home industry Joglo Suminar Batik dalam meningkatkan daya saing dengan menggunakan strategi bauran pemasaran (marketing mix) menurut Kotler dan Amstrong yakni strategi produk, harga, tempat/distribusi, dan promosi. (2) faktor pendukung diantaranya memiliki motif ciri khas, memiliki konsumen setia dari batik desain khusus, memiliki banyak relasi dengan pihak pemerintah dan swasta, produk Batik Suminar sering dibuat sponsor dan kerjasama, aktif mengikuti event, adanya masukan dari konsumen dan faktor penghambatnya yakni sumber daya manusia terbatas, cuaca yang tidak menentu sehingga menghambat produksi dan belum memanfaatkan platform online shop.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-08-31

How to Cite

Salsabila, F. I., Sarmini, S., Setyawan, K. G., & Imron, A. (2023). Optimalisasi Pemasaran Industri Kreatif Batik Suminar Dalam Meningkatkan Daya Saing (Studi Kasus Pada UMKM Home Industry Joglo Suminar Batik Kabupaten Kediri). Jurnal Dialektika Pendidikan IPS, 3(2), 128–139. https://doi.org/10.26740/penips.v3i2.54949

Issue

Section

ARTIKEL
Abstract views: 86 , PDF Downloads: 71

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>