PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI TRANSFORMASI NILAI-NILAI TRADISI NDUDUT MANTU DI DESA PACIRAN KABUPATEN LAMONGAN
DOI:
https://doi.org/10.26740/penips.v3i4.56432Keywords:
Tradisi, Budaya Lokal, Pendidikan KarakterDownloads
References
Andiarini, S. E. (2018). Implementasi program penguatan pendidikan karakter melalui kegiatan
pembiasaan dalam peningkatan mutu sekolah. JAMP: Jurnal Administrasi dan Manajemen
Pendidikan, 1(2), 238-244.
ARIFIANTI, V. (2005). SIMBOL-SIMBOL RITUAL PROFESI PERKAWINAN
TRADISIONAL MASYARAKAT LAMONGAN: KAJIAN SEMIOTIK (Doctoral
dissertation, Airlangga University).
Doni Kusumah A. (2007). Pendidikan Karakter. Jakarta: Grasindo.
Fatmaningtyas, R. D. (2022). Adat Istiadat Lamaran Perempuan Kepada Laki-Laki Dalam
Pernikahan Di Lamongan Perspektif Maqashid Syariah.
Faidah, A. N. (2022). Tinjauan Hukum Islam Terhadap Tradisi Perempuan Meminang Laki-Laki
di Kecamatan Modo Kabupaten Lamongan. El-Usrah: Jurnal Hukum Keluarga, 5(1), 1-
11.
Hasanah, A. (2009). Pendidikan Berbasis Karakter. Retrieved from
http://bataviase.co.id/detailberita-10399688.html
Iswatiningsih, D. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Kearifan Lokal di
Sekolah. Satwika: Kajian Ilmu Budaya dan Perubahan Sosial, 3(2), 155-164.
Khoiroh, M., & Syakur, A. (2022). Nilai-nilai kearifan lokal tradisi Ganjur: studi pada Masyarakat
Kecamatan Brondong dan Laren Kabupaten Lamongan Jawa Timur.
Kompri. (2015). ManajemenPendidikan: Komponen-komponen ElementerKemajuan Sekolah. Yogyakarta:
Ar-Ruzz Media.
Muchtar, D. &. (2019). Pendidikan Karakter Menurut Kemendikbud. Edumaspul: Jurnal
Pendidikan, 3(2), 50-57.
Dialektika Pendidikan IPS, Volume x (x) (xxxx): xx-xx
Mustoip, S. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter.
Pemerintah Republik Indonesia. (2010). Kebijakan Nasional Pembangunan Karakter Bangsa Tahun
2010-2025. Jakarta: Pusat Kurikulum Balitbang Kemdiknas.
Pujiati, D. (2017). KONSTRUKSI SOSIAL TRADISI LAMARAN NDUDUT MANTU PADA
MASYARAKAT DESA CENTINI KECAMATAN LAREN LAMONGAN. Doctoral
dissertation, Universitas Airlangga.
Raharjo, S. B. (2010). Pendidikan karakter sebagai upaya menciptakan akhlak mulia. Jurnal
Pendidikan dan Kebudayaan, 16(3), 229-238.
Ramdhani, M. A. (2017). Lingkungan pendidikan dalam implementasi pendidikan karakter. Jurnal
Pendidikan UNIGA, 8(1), 28-37.
ROHMAH-NIM, N. A. F. I. L. A. T. U. R. (2009). TRADISI PEMINANGAN OLEH
PEREMPUAN DALAM PANDANGAN ULAMA NU DAN MUHAMMADIYAH
DI DESA PACIRAN KABUPATEN LAMONGAN (Doctoral dissertation, UIN Sunan
Kalijaga Yogyakarta).
Simatupang, E. Y. (2019). Analisis Nilai Pendidikan Karakter dalam Cerita Fantasi pada Buku
Bahasa Indonesia Kelas VII SMP/MTs Terbitan Kemendikbud Kurikulum 2013 Edisi
Revisi 2017. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia II (pp. Vol.
2, pp. 118-124). Medan: FBS Unimed Press.
Tamimi, G. (2020). Telaah Antropologi Sastra Upacara Lamaran pada Adat Mantu di Daerah
Lamongan Jawa Timur dan Relevansinya Sebagai Materi Ajar Bahasa Jawa Kelas XI
SMA.
Utomo, F. B. U. (2021). konstruksi sosial dan makna simbolik tradisi lamaran ndudut mantu di
desa sumberjo kecamatan pucuk kabupaten lamongan/fernando biantoro utomo
(Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang).
Wahyuni, D. E. (2016). Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Pembentuk Karakter
Bangsa. FKIP e-Proceeding, (pp. 19-24).
Zubaedi. (2011). Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya dalam LembagaPendidikan.
Jakarta: Kencana.