Pengembangan Media Pembelajaran Returra (Rembukan Kultur Nusantara) Card Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa KKO Pada Pembelajaran IPS Di SMPN 2 Sidoarjo

  • Mayangsari Artatila Universitas Negeri Surabaya
  • Agus Suprijono Universitas Negeri Surabaya
  • Ali Imron Universitas Negeri Surabaya
  • Riyadi Riyadi Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Media Pembelajaran, Returra Card, ADDIE, Motivasi Belajar

Abstract

Siswa KKO merupakan program kelas yang diperuntukkan untuk peserta didik yang memiliki prestasi dalam bidang non akademik olahraga. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SMPN 2 Sidoarjo, diketahui bahwa siswa KKO memiliki tingkat motivasi belajar IPS yang rendah daripada kelas umum. Salah satu faktor yang menyebabkan hal tersebut, yaitu kurang beragamnya pemanfaatan media yang dilakukan dengan melibatkan keikutsertaan peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran Returra Card sebagai media untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik KKO pada pembelajaran IPS. Jenis penelitian ini termasuk kedalam penelitian pengembangan RnD (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE. Model pengembangan ADDIE terdiri dari lima tahap, yang pertama analisis, perancangan, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan dan keefektifan media yang dikembangkan digunakan teknik pengumpulan data melalui angket dan tes berupa pretest- posttest. Pada pelaksanaan uji kelayakan oleh ahli materi dan media memperoleh skor rata – rata sebesar 84%. Sehingga dikatakan sangat layak. Hasil uji kepraktisan oleh guru dan peserta didik memeproleh rata – rata skor 79% sehingga termasuk dalam ketegori praktis. Hasil uji keefektifan berdasarkan rerata hasil pretest yang dilakukan pada 32 peserta didik KKO mendapatkan nilai rata – rata sebesar 51,09 poin, dan nilai posttest sebesar 80,31 poin. Rerata nilai gain pada kelas KKO sebesar 60,4% dan termasuk dalam kategori sedang dan cukup efektif. Sehingga, hasil analisis secara keseluruhan menunjukkan bahwa media Returra Card yang dikembangkan dikatakan layak, praktis dan efektif untuk digunakan dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik KKO pada pembelajaran IPS di SMPN 2 Sidoarjo.

References

Adini, E. Y., Hasanah, N., & Oktaviyanti, I. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran MAPENA (Mainan Peta Anak) pada Materi IPS untuk Siswa Kelas IV SDN 39 Mataram. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(1), 1-7. Doi: 10.29303/jipp.v7i1.386
Andriani, R., & Rasto. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 80-86. Doi: https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14958
Aritonang, K. T. (2008). Minat dan Motivasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Penabur, 7(10), 11-21. Doi: https://d1wqtxts1xzle7.cloudfront.net/61271866/Minat_dan_Motivasi_dalam_Meningkatkan_Ha20191119
Estikhana, I. H. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Ips Menggunakan Media Flashcard Pada Siswa Kelas VB. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(2), 132-143. Doi: https://media.neliti.com/media/publications/253467
Kurniasih, T., Haryani, & Ciptowati, E. (2015). Meningkatkan Daya Tanggap Dan Hasil Belajar Ipa Siswa Smp Di Kelas Khusus Olah Raga Melalui Media Pembelajaran Animasi. Jurnal Pengajaran MIPA, 20(1), 100-105. Doi: https://doi.org/10.18269/jpmipa.v20i1.36210
Marta, K. A., & Marzuki. (2021). Peranan Guru PPKN SMA Negeri 2 Playen Gunungkidul Dalam Upaya Pembentukan Karakter Disiplin Peserta Didik Kelas Khusus Olahraga (KKO). Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum, 10(1), 100-110. Doi: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/civics/article/view/17320
Muzacky, A. Y. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Vlog Pada Materi Mitigasi Bencana Alam Di Kelas XI IPS SMA Negeri Singgahan Kabupaten Tuban. Swara Bumi, 9, 1-5. Doi: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/swara-bhumi/article/view/31171
Nurvika, R. T. (2018). Pengembangan Media E-Comic Materi Strategi Perlawanan Bangsa Indonesia Terhadap Imperalisme Dan Kolonialisme Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI IPS Di SMA Sejahtera Surabaya. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 9(2). Doi: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jmtp/article/view/31569
Okdiansyah, Satria, T. G., & Aswarliansyah. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Flashcard Pada Pembelajaran Tematik Kelas IV SD Negeri 4 Srikaton. Edu Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(03), 148-154. Doi: 10.47709/educendikia.v1i3.1183
Radar Jatim. (2022, April 11). RadarJatim.id. Retrieved from RadarJatim.id: https://radarjatim.id/pemkab-sidoarjo-laksanakan-ppdb-kko-di-smpn-2-dan-smp-pgri-9/
Rahman, S. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar. Doi: https://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/PSNPD/article/view/1076
Riski, A. S. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Adobe Flash Professional Pada Mata Pelajaran Perekayasaan Sistem Antena Kelas XI TAV. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 7(2), 119-125. Doi: https://doi.org/10.26740/jpte.v7n2.p%25p
Simanjuntak, E. B., Siburian, G., & Nainggolan, M. F. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Flashcard Berbasis Teka-Teki Silang Pada Pembelajaran Tematik Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Sekolah, 5(2), 70-76. Doi: https://doi.org/10.24114/js.v5i2.32717
Susilana, R., & Riyana, C. (2008). Media Pembelajaran: Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan dan Penilaian. Bandung: CV Wacana Prima.
Tumuruna, J. (2022). Pemberdayaan Paguyuban Orang Tua Siswa untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Siswa Kelas Khusus Olahraga. Ideguru, 7(2), 124-130. Doi: https://doi.org/10.51169/ideguru.v7i2.344
Ulfayana. (2018). Efektivitas Penggunaan Media Berdasarkan Teori Belajar Edgar Dale Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Fikih di MTS Negeri 2 Bulukumba. SKRIPSI.
Yanti, E. S., Pestalozi, D., & Valen, A. (2022). Pengembangan Media Flashcard Berbasis Kontekstual Learning Pada Pembelajaran Ips Kelas Iv Sd Negeri 83 Lubuklinggau. LP3MKIL, 2(3), 26-35. Doi: https://doi.org/10.55526/ljse.v2i3.317
Yunanto, D. B. (2017). Kedisiplinan Peserta Didik Kelas X Ips 3 Kelas Khusus Olahraga Di Sma Negeri 4 Yogyakarta Dalam Pembelajaran. Journal Student UNY, 6(9). Doi: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51121
Zamsir, L. M., & Fajrin, P. (2017). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMPN 1 Lawa. Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 170-181. Doi: 10.36709/jpm.v6i2.2070
Published
2023-10-31
How to Cite
Artatila, M., Suprijono, A., Imron, A., & Riyadi, R. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Returra (Rembukan Kultur Nusantara) Card Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa KKO Pada Pembelajaran IPS Di SMPN 2 Sidoarjo. DIALEKTIKA PENDIDIKAN IPS, 3(3), 149-163. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/PENIPS/article/view/56371
Section
ARTIKEL
Abstract Views: 38
PDF Downloads: 28