Pengembangan Media Pembelajaran Returra (Rembukan Kultur Nusantara) Card Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa KKO Pada Pembelajaran IPS Di SMPN 2 Sidoarjo
DOI:
https://doi.org/10.26740/penips.v3i3.56371Keywords:
Media Pembelajaran, Returra Card, ADDIE, Motivasi BelajarDownloads
References
Adini, E. Y., Hasanah, N., & Oktaviyanti, I. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran MAPENA (Mainan Peta Anak) pada Materi IPS untuk Siswa Kelas IV SDN 39 Mataram. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(1), 1-7. Doi: 10.29303/jipp.v7i1.386
Andriani, R., & Rasto. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 80-86. Doi: https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14958
Aritonang, K. T. (2008). Minat dan Motivasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Penabur, 7(10), 11-21. Doi: https://d1wqtxts1xzle7.cloudfront.net/61271866/Minat_dan_Motivasi_dalam_Meningkatkan_Ha20191119
Estikhana, I. H. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Ips Menggunakan Media Flashcard Pada Siswa Kelas VB. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(2), 132-143. Doi: https://media.neliti.com/media/publications/253467
Kurniasih, T., Haryani, & Ciptowati, E. (2015). Meningkatkan Daya Tanggap Dan Hasil Belajar Ipa Siswa Smp Di Kelas Khusus Olah Raga Melalui Media Pembelajaran Animasi. Jurnal Pengajaran MIPA, 20(1), 100-105. Doi: https://doi.org/10.18269/jpmipa.v20i1.36210
Marta, K. A., & Marzuki. (2021). Peranan Guru PPKN SMA Negeri 2 Playen Gunungkidul Dalam Upaya Pembentukan Karakter Disiplin Peserta Didik Kelas Khusus Olahraga (KKO). Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum, 10(1), 100-110. Doi: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/civics/article/view/17320
Muzacky, A. Y. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Vlog Pada Materi Mitigasi Bencana Alam Di Kelas XI IPS SMA Negeri Singgahan Kabupaten Tuban. Swara Bumi, 9, 1-5. Doi: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/swara-bhumi/article/view/31171
Nurvika, R. T. (2018). Pengembangan Media E-Comic Materi Strategi Perlawanan Bangsa Indonesia Terhadap Imperalisme Dan Kolonialisme Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI IPS Di SMA Sejahtera Surabaya. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 9(2). Doi: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jmtp/article/view/31569
Okdiansyah, Satria, T. G., & Aswarliansyah. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Flashcard Pada Pembelajaran Tematik Kelas IV SD Negeri 4 Srikaton. Edu Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(03), 148-154. Doi: 10.47709/educendikia.v1i3.1183
Radar Jatim. (2022, April 11). RadarJatim.id. Retrieved from RadarJatim.id: https://radarjatim.id/pemkab-sidoarjo-laksanakan-ppdb-kko-di-smpn-2-dan-smp-pgri-9/
Rahman, S. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar. Doi: https://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/PSNPD/article/view/1076
Riski, A. S. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Adobe Flash Professional Pada Mata Pelajaran Perekayasaan Sistem Antena Kelas XI TAV. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 7(2), 119-125. Doi: https://doi.org/10.26740/jpte.v7n2.p%25p
Simanjuntak, E. B., Siburian, G., & Nainggolan, M. F. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Flashcard Berbasis Teka-Teki Silang Pada Pembelajaran Tematik Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Sekolah, 5(2), 70-76. Doi: https://doi.org/10.24114/js.v5i2.32717
Susilana, R., & Riyana, C. (2008). Media Pembelajaran: Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan dan Penilaian. Bandung: CV Wacana Prima.
Tumuruna, J. (2022). Pemberdayaan Paguyuban Orang Tua Siswa untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Siswa Kelas Khusus Olahraga. Ideguru, 7(2), 124-130. Doi: https://doi.org/10.51169/ideguru.v7i2.344
Ulfayana. (2018). Efektivitas Penggunaan Media Berdasarkan Teori Belajar Edgar Dale Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Fikih di MTS Negeri 2 Bulukumba. SKRIPSI.
Yanti, E. S., Pestalozi, D., & Valen, A. (2022). Pengembangan Media Flashcard Berbasis Kontekstual Learning Pada Pembelajaran Ips Kelas Iv Sd Negeri 83 Lubuklinggau. LP3MKIL, 2(3), 26-35. Doi: https://doi.org/10.55526/ljse.v2i3.317
Yunanto, D. B. (2017). Kedisiplinan Peserta Didik Kelas X Ips 3 Kelas Khusus Olahraga Di Sma Negeri 4 Yogyakarta Dalam Pembelajaran. Journal Student UNY, 6(9). Doi: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51121
Zamsir, L. M., & Fajrin, P. (2017). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMPN 1 Lawa. Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 170-181. Doi: 10.36709/jpm.v6i2.2070