Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Materi Konflik dan Integrasi Dalam Kehidupan Sosial di SMPN 58 Surabaya

  • Tiara Wahidiyah Ihsanuddini Universitas Negeri Surabaya
  • Kusnul Khotimah Universitas Negeri Surabaya
  • Sukma Perdana Prasetya Universitas Negeri Surabaya
  • Wiwik Sri Utami Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Model pembelajaran Problem based learning, Hasil belajar, Konflik dan integrasi kehidupan sosial

Abstract

Proses pembelajaran dibutuhkan seorang guru yang memberikan kemampuan dan mengembangkan potensi pembelajaran. Model Problem Based Learning dinilai efektif memungkinkan siswa untuk mencari solusi dan penyelesaian permasalahan sendiri sehingga pemahaman konsep materi konflik dan integrasi sosial dapat ditingkatkan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar perbedaan pengaruh pembelajaran model problem based learning pada materi konflik dan integrasi dalam kehidupan sosial ini terhadap meningkatkan hasil pembelajaran siswa SMPN 58 Surabaya. Pada penelitian ini mempergunakan metode pendekatan eksperimen. Desain penelitian ini tipe one shot case study yang merupakan penelitian eksperimen dengan memberikan perlakuan atau treatment pada suatu kelompok. Pada kelas eksperimen model pembelajaran yang diterapkan mempergunakan metode PBL, sementara pada kelas kontrol menggunakan metode ceramah. Hasil pengolahan data yang dilakukan menggunakan SPSS versi 22, hasil belajar dikelas eksperimen dan kelas kontrol yang mempergunakan uji T dengan taraf sig. 5% didapatkan nilai Sig. (2-tailed) yaitu 0,000 dan 0,005 pengaruh model pembelajaran PBL pada hasil belajar pada materi konflik dan integrasi sosial di SMP 58 Surabaya. Kesimpulan bahwa ada pengaruh penggunaan model pembelajaran problem based learning pada materi konflik dan integrasi dalam kehidupan sosial ini terdapat peningkatan hasil belajar siswa di SMPN 58 Surabaya. Penerapan model pembelajaran PBL terhadap hasil belajar pada materi konflik dan integrasi kehidupan sosial di SMPN 58 Surabaya dikategorikan baik, perihal ini diketahui dari rata-rata nilai akhir pembelajaran siswa kelompok eksperimen yaitu 85,5. sementara untuk rata-rata nilai akhir pembelajaran siswa kelompok kontrol yaitu 70,2.

References

Ariyani, B., & Kristin, F. (2021). Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa SD. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 5(3), 353. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i3.36230
Dakhi, A. S. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Metode PAKEM. Jurnal Pendidikan Indonesia, 1(3), 350–361. https://doi.org/10.36418/japendi.v1i3.33
Hasanah, Z., & Himami, A. S. (2021). MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DALAM MENUMBUHKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA. 1(1), 1–13.
Marlina, L., & Sholehun. (2021). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas Iv Sd Muhammadiyah Majaran Kabupaten Sorong. jurnalbahasaindonesia, 02(01), 66–74.
Nurrohma, R. I., & Adistana, G. A. Y. P. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Media E-Learning Melalui Aplikasi Edmodo Pada Mekanika Teknik. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1199–1209. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/544
Sari, W. N., & Faizin, A. (2023). Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(3), 957.
Suindrati, W. (2022). Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPS Materi Konflik Dan Integrasi Dalam Kehidupan Sosial Melalui Metode Problem Based Learning Pada Siswa Kelas VIII E SMP Negeri 2 Srumbung Tahun Pelajaran 2019/2020. Science and Education Journal (SICEDU), 1(2), 97–105. https://doi.org/10.31004/sicedu.v1i2.21
Tabroni, T., Syukur, M., & Indrayani, I. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Materi Bentuk …. Jurnal Pemikiran Dan …, 4(2), 261–266. http://ejournal-jp3.com/index.php/Pendidikan/article/view/409%0Ahttps://ejournal-jp3.com/index.php/Pendidikan/article/download/409/253
Zahrawati, F. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sosiologi Siswa. Indonesian journal of teacher education, 1(75), 147–154. https://doi.org/10.1016/j.jnc.2020.125798%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.smr.2020.02.002%0Ahttp://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/810049%0Ahttp://doi.wiley.com/10.1002/anie.197505391%0Ahttp://www.sciencedirect.com/science/article/pii/B9780857090409500205%0Ahttp:
Published
2024-06-24
How to Cite
Ihsanuddini, T., Khotimah, K., Prasetya, S., & Utami, W. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Materi Konflik dan Integrasi Dalam Kehidupan Sosial di SMPN 58 Surabaya. DIALEKTIKA PENDIDIKAN IPS, 4(2), 1-8. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/PENIPS/article/view/58833
Section
ARTIKEL
Abstract Views: 0
PDF Downloads: 0