Persepsi Guru IPS Pada Pencapaian Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Di SMP Kabupaten Sidoarjo

  • Wilga Yunike Arifauziah Universitas Negeri Surabaya
  • Wiwik Sri Utami Universitas Negeri Surabaya
  • Nuansa Bayu Segara Universitas Negeri Surabaya
  • Hendri Prastiyono Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Persepsi Guru, Kurikulum Merdeka, P5, SMP, IPS

Abstract

Perkembangan pada abad 21 mempengaruhi perkembangan dunia pendidikan, pendidikan memiliki peran serta taggung jawab yang sangat penting untuk dapat mengatasi dan menjawab permasalahan yang muncul. Pemerintah pun meluncurkan upaya untuk dapat mempersiapkan genersi selanjutnya, salah satu upaya pemerintah yaitu meluncurkan kurikulum merdeka berbasis projek penguatan profil pelajar Pancasila. Penelitian ini memiliki tujuan dapat mengetahui persepsi guru IPS terhadap kurikulum merdeka di kelas VII di SMP Kabupaten Sidoarjo dan untuk mengetahui faktor yang mendukung keberhasilan implementasi kurikulum merdeka pada mata pelajaran IPS sehigga kurikulum yang masih terbilang baru diimplementasikan ini dapat diimplementasikan menjadi lebih baik lagi sesuai dengan harapan semua pihak untuk kebaikan perkembangan pendidikan Indonesia di masa mendatang. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif, menggambarkan, berdasarkan fakta-fakta yang sedang terjadi sesuai dengan keadaan subjek ataupun objek penelitian saat ini. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode survei. Metode survei sebagai bagian dari tahapan dalam pengambilan sampel dari populasi serta menggunakan kuesioner dalam mengumpulkan data pokok penelitian. Pada penelitian ini menggunakan kuantitatif survei deskriptif untuk dapat mendeskripsikan persepsi serta kendala yang saat ini sedang dirasakan oleh guru IPS SMP kelas VII di Kabupaten Sidoarjo mengenai kebijakan kurikulum merdeka. Hasil dari penelitian menunjukkan persepsi sangat baik. Adapun pendukung keberhasilan yang mempengaruhi kurikulum yang terdiri dari manajemen sekolah, sumber belajar, media pembelajaran, dan model pembelajaran.

References

Anggila, W. (2022). Persepsi Guru Bidang Studi Ips Dalam Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar Smp Negeri Sekecamatan Tanjung Kemuning Kabupaten Kaur.
Maryani, E. & S. (2009). Pengembangan Program Pembelajaran Ips Untuk Meningkatkan Kompetensi Keterampilan Sosial. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Mustaghfiroh, S. (2020). Konsep Merdeka Belajar Perspektif Aliran Progresivisme John Dewey. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran.
Ningrum, Q.S.H & Khusnul Khotimah. (2022). Pengembangan Video Motion Grapic Untuk Materi Menulis Hasil. Surabaya:Universitas Negeri Surabaya.
Rakhmat, Jalaluddin. (2011). Psikologi Komunikasi. Bandung:Pt. Remaja Rosdakarya.
Rusman. (2019). Manajemen Kurikulum. Depok. Rajawali Pers.
Sholeh, H. (2017). Pengembangan Kurikulum Baru. Bndung:Remaja Rosdakarya.
Surahman, E., Dan Mukminan, M. (2017). Peran Guru Ips Sebagai Pendidik Dan Pengajar Dalam Meningkatkan Sikap Sosial Dan Tanggung Jawab Sosial Siswa Smp. Harmoni Sosial:Jurnal Pendidikan Ips, 4(1). Https://Doi.Org/10.21831/Hsjpi.V4i1.8660
Syamsuar Dan Reflianto. (2019). Penddikan Dan Tantangn Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Di Era Revolusi Industri 4.0
Walgito, Bimo. (2017). Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta:C.V Andi.
Zakiyatul, N. (2022). Implementasi Keterampilam Pembelajaran Abad 21 Berorientasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Di Smp Al-Falah Deltasari Sidoarjo. Penerbit Ombak, 6.
Published
2023-10-31
How to Cite
Arifauziah, W., Utami, W., Segara, N., & Prastiyono, H. (2023). Persepsi Guru IPS Pada Pencapaian Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Di SMP Kabupaten Sidoarjo. DIALEKTIKA PENDIDIKAN IPS, 3(3), 217-227. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/PENIPS/article/view/56048
Section
ARTIKEL
Abstract Views: 45
PDF Downloads: 70