PEMAKNAAN PESERTA DIDIK SEBAGAI PEMAIN KESENIAN BESUTAN JOMBANG (Studi Kasus di SMPN 2 Megaluh)

Authors

  • Wahyu Setiawan Universitas Negeri Surabaya
  • Nuansa Bayu Segara Universitas Negeri Surabaya
  • Agus Suprijono Universitas Negeri Surabaya
  • Ali Imron Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/penips.v4i2.59568

Keywords:

Pemain, Pemaknaan, dan Kesenian

Abstract

Penelitia ini bertujuan untuk mengkaji pemaknaan kesenian besutan pada para pemain kesenian besutan yaitu siswa-siswi SMPN 2 Megaluh Jombang. Penelitian ini merupakan penlitian kualitatif dengan menggunakan metode deskripsi, teori yang digunakan ialah teori interaksi simbolik sebagai pisau analisis. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara mendalam, observasi partisipan, dan dokumetasi. Teknik pengambilan sampel menggunakan non probability sampling dengn menggunakan tujuh informan. Hasil dari pengumpulan data kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis data sesuai dengan miles, hurberman dan George Herbert Mead. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kesenian besutan sebagai bentuk komunikasi ritual difungsikan sebagai tempat untuk merukunkan lingkungan sekitar peneguhan kepercayan bersam, penghormatan leluhur, permohonan kesalamatan dan menjauhkan dari mara bahaya. Kesenian besutan masih jarang dilestarikan meski tempat asal berada dikabupaten jombang. Mekipun dalam makna serta filososi yang terkadung dalam kesenian besutan banyak sekali nilai-nilai yang selaras dengan kehidupan sehari-hari. Penelitian ini juga menemukan bahwa terdapat simbol-simbol yang sarat akan makna. Pada prosesnya terdapat pemakanaan berbeda-beda dari setiap individu tergantung dari latar belakangnya. Meskipun dari penjelasan yang didapat dari narasumber terdapat upaya untuk menghormati pemahaman yang telah disepakati bersama.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Teresia Noiman Derung. (2017). Interaksionisme Simbolik Dalam Kehidupan Bermasyarakat. Jurnal Kataristik dan Pastoral, VOLUME 2 NOMOR 1. Retrieved Mei Rabu, 2024

Hardani. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu Group Yogyakarta. Retrieved Mei Rabu, 2024, from https://www.researchgate.net/profile/Assoc-Prof-Msi/publication/340021548_Buku_Metode_Penelitian_Kualitatif_Kuantitatif/links/5e72e011299bf1571848ba20/Buku-Metode-Penelitian-Kualitatif-Kuantitatif.pdf

Naomi Diah, Budi Setyaningrum. (2018, Novemeber). Budaya Lokal Di Era Global. Jurnal Ekspresi Seni, Vol.20 , No 2, 102-108. Retrieved Mei Rabu, 2024, from https://journal.isi-padangpanjang.ac.id/index.php/Ekspresi/article/view/392/0

Saksono, L. (2019). Interaksi Simbolik Tokoh Dalam Novel Demian : Die Geschichte Von Emil Sinclair Jugend. Retrieved Mei Rabu, 2024, from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/identitaet/article/view/28203/25802

Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuantitatif. Bandung: Akfabeta. Retrieved Mei Rabu, 2024, from https://inlislite.uin-suska.ac.id/opac/detail-opac?id=22862

Suwardani, N. P. (2015, November). Pewarisan Nilai-nilai Kearifan Lokal untuk Memproteksi Masyarakat Bali dari Dampak Negatif Globalisasi. Retrieved Mei Rabu, 2024, from https://jurnal.harianregional.com/kajianbali/full-16775

Downloads

Published

2024-06-24

How to Cite

Setiawan, W., Segara, N. B., Suprijono, A., & Imron, A. (2024). PEMAKNAAN PESERTA DIDIK SEBAGAI PEMAIN KESENIAN BESUTAN JOMBANG (Studi Kasus di SMPN 2 Megaluh). Jurnal Dialektika Pendidikan IPS, 4(2), 35–45. https://doi.org/10.26740/penips.v4i2.59568

Issue

Section

ARTIKEL
Abstract views: 61 , PDF Downloads: 19

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>