Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Berbantuan Aplikasi Google Earth Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPS SMP Negeri 1 Sidoarjo
Keywords:
Pengaruh, Model Make a Match, Minat Belajar IPSAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match berbantuan aplikasi google earth terhadap minat belajar IPS peserta didik pada materi peta. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Sidoarjo pada tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan penelitian pre-eksperimen dengan desain one shot case study. Sampel dalam penelitian ini yakni kelas VII A. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa angket. Teknis analisis yang digunakan meliputi uji validitas, uji realibilitas, uji normalitas, uji linieritas, dan uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa minat belajar IPS peserta didik pada materi peta yang diterapkan melalui model pembelajaran kooperatif tipe make a match berbantuan aplikasi google earth di kelas VII A memiliki pengaruh. Hal tersebut terlihat berdasarkan hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai minat belajar IPS peserta didik menujukkan nilai thitung > ttabel (5.376 > 1,697) dengan nilai Sig. < 0,05. Kemudian besaran pengaruh pada variebel X dan Y sebesar 0,491 atau dapat dikatakan 49,1% dan sisanya sebesar 50,9% disebabkan oleh variebel lain. Maka, hal ini menunjukkan bahwa Ha diterima dan H0 di tolak, yang artinya model pembelajaran kooperatif tipe make a match berbantuan aplikasi google earth berpangruh positif atau searah dan signifikan terhadap minat belajar IPS peserta didik SMP Negeri 1 Sidoarjo.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Reken Tantris, Riyadi Riyadi, Sukma Perdana Prasetya, Muhammad Ilyas Marzuqi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

