Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Berbasis Demokrasi Deliberatif Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VII Pada Mata Pelajaran IPS Di SMPN 25 Surabaya
Keywords:
Pembelajaran IPS, Pembelajaran Kooperatif, Kemampuan Pemecahan MasalahAbstract
Proses pembelajaran IPS harus mampu mengoptimalkan keterampilan sosial didalamnya. Penerapan pembelajaran kooperatif berbasis demokrasi deliberatif memiliki urgensi yang tinggi untuk siswa mencari solusi dan penyelesaian permasalahan sendiri, sehingga kemampuan pemecahan masalah peserta didik dapat ditingkatkan.Tujuan dari penelitian ini menjelaskan pengaruh pembelajaran kooperatif berbasis demokrasi deliberatif terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VII pada mata pelajaran IPS di SMPN 25 Surabaya.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 25 Surabaya. Sampel dalam penelitian ini meliputi kelas eksperimen dan kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar. Teknik analisis data dilakukan dengan langkah uji validitas dan reliabilitas instrumen soal tes hasil belajar, kemudian dilakukan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil analisis hasil uji hipotesis menggunakan Paired Sample T Test menunjukkan bahwa nilai Sig. (2-tailed) adalah 0,000 < 0,05, sehingga hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif berbasis demokrasi deliberatif berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VII SMPN 25 Surabaya. Kesimpulan bahwa ada pengaruh pembelajaran kooperatif berbasi demokrasi deliberratif terdapat peningkatan hasil yang dikategorikan baik, perihal ini diketahui nilai akhir pembelajaran siswa kelompok eksperimen 83 dan kontrol 73.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Fakrul Aldi Rendianto, Agus Suprijono, Kusnul Khotimah, Sarmini Sarmini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

