Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Literasi Sains dalam Pembelajaran IPS untuk Siswa Kelas VIII MTSN 1 Kota Surabaya
Keywords:
LKPD, Literasi Sains, Hasil Belajar, Pembelajaran IPSAbstract
Penelitian ini untuk menjawab tantangan pada pembelajaran abad 21 dan kurikulum merdeka mengenai kemampuan berliterasi peserta didik. Produk penelitian adalah LKPD yang dapat meningkatkan minat dan partisipasi siswa, serta hasil belajar dalam mata pelajaran IPS. Penelitian bertujuan untuk mengembangkan, menguji kelayakan, respon peserta didik, dan hasil belajar menggunakan LKPD berbasis literasi sains dalam pembelajaran IPS. Penelitian ini menggunakan metode Research & Development yang menggunakan model ADDIE. Desain penelitian yang digunakan adalah One Group Pretes-Posttest Design. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, validasi, tes, dan dokumentasi. Intrumen penelitian ini adalah lembar validasi, tes hasil belajar, dan angket respon peserta didik. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah analisis kuantitatif pada hasil kevalidan LKPD, data respon peserta didik, dan hasil belajar peserta didik, serta analisis kualiatatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa LKPD berbasis literasi sains ini berada pada kategori “sangat layak” untuk digunakan sebagai bahan ajar berdasarkan hasil validasi para ahli dengan nilai rata-rata 0,85238. Adapun nilai hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen menunjukkan peningkatan setelah penggunaan bahan ajar LKPD berbasis literasi sains dengan nilai rata-rata 78,17. Hal ini berarti LKPD berbasis literasi sains memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas VIII F sebagai kelas eksperimen pada pembelajaran IPS di MTsN 1 Kota Surabaya.
Downloads
References
Azzahra, A. D. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Literasi Sains Untuk Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah. JAKARTA: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
Bintank, & Maunah, B. (2022). Pendidikan Dalam Berbagai Pendekatan dan Teori Pendidikan. CENDEKIA, Vol. 16 No. 1 April 2022, 41.
Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI. (2023, November 17). Retrieved from Pendis Kemenag: https://pendis.kemenag.go.id/read/kemenag-rilis-rapor-akmi-2023
Fausan, M. M., Susilo, H., Ghofur, A., Sueb, & Yusop, F. D. (2021). The Scientific Literacy Performance of Gifted Young Scientist Candidates in The Digital Age. Cakrawala Pendidikan, Vol. 40, No. 2, 468.
Indonesia, K. P. (2019). Indeks Aktivitas Literasi Membaca 34 Provinsi. Jakarta.
Jannah, D. R., & Atmojo, I. R. (2022). Media Digital dalam Memberdayakan Kemampuan Berpikir Kritis Abad 21 pada Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu Vol 6 No 1, 1064-1074.
Juliana, N. (2024). Analisis Kemampuan Siswa Menyelesaikan Soal Matematika PISA pada Konten Change and Relationship. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.
Maghsyuroh, R. K., Utami, W. S., Suprijono, A., & Marzuqi, M. I. (2023). Pengembangan Media Pop-up Book dengan Model ADDIE untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VIII di UPT SMPN 9 Gresik. Dialektika Pendidikan IPS, Volume3 (4), 11-23.
Mahendra, A. I., Nur’aini, E., Yuressa, F., Oktori, I. N., Hasanah, K., & Wulan, R. N. (2024). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Vol. 2, No. 1, 68.
Munasharoh, R. (2023). Upaya Guru Mengembangkan Literasi Membaca Siswa Melalui Media Kartu Soal Kelas Viii Pada Mata Pelajaran Ips Terpadu (Studi Kasus Di Smpn 1 Siman Ponorogo). Skripsi, 2.
Nurani, M. C., & Rachmadyanti, P. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Literasi Budaya pada Siswa Kelas IV SDN Geluran 3 Taman Sidoarjo. JPGSD. Volume 10 Nomor 2, 432.
Nurjannati, N., Rahmad, M., & Irianti, M. (2017). Pengembangan E-Modul Berbasis Literasi Sains Pada Materi Radiasi Elektromagnetik. Riau: Universitas Riau.
OECD. (2019). PISA 2018 Assessment and Analytical Framework. Chapter 4 Pisa 2018 Science Framework.
OECD. (2023). PISA 2022 Assesment and Analytical Framework. Oecd. Retrieved from https://Doi.Org/10.1787/Dfe0bf9c-En
Ridani, M. (2021). Profil Kemampuan Literasi Sains Siswa Man 2 Ngawi Pada Materi Hukum Dasar Kimia. SEMARANG: Universitas Islam Negeri Walisongo.
Rusdin, A. P., Dr. Widya Karmila Sari A., S. M., & Prof. Dr. Hj. Rohana, M. (2021). Pengaruh Penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Terhadap Hasil Belajar IPS pada Siswa kelas V SD Negeri 91 Soreang Desa Tamalate Kecamatan Galasong Utara. PHINISI JOURNAL OF SCIENCE AND TECHNOLOGI, 13-14.
Sahira Safnaz, R. M. (2022). Implementasi Pembelajaran Ips Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, Vol. 6, No. 1, 55-56.
Sovani, R. D. (2024). Strategi Peningkatan Kompetensi Literasi Bagi Peserta Didik Kelas V MIN 1 Boyolali Tahun Pelajaran 2023/2024. ALLIMNA: JURNAL PENDIDIKAN PROFESI GURU Volume 03 Nomor 02, 52.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Rnd. Bandung: Alfabeta.
Susiani, Indana, S., & Indah, N. K. (2017). Validitas dan Efektivitas LKS Berbasis Literasi Sains pada Materi Tumbuhan untuk Siswa Kelas X. BioEdu Vol. 6 No. 1, 62.
Yuliati, Y. (2017). Literasi Sains dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Cakrawala Pendas Vol. 3 No.2, 23.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Puji Oktaviana, Wiwik Sri Utami, Sukma Perdana Prasetya, Muhammad Ilyas Marzuqi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

