Penanaman Sikap Gotong Royong melalui Pembelajaran IPS pada Siswa Kelas VIII di SMPN 1 Karangrejo Kabupaten Magetan

Authors

  • Almania Nandawati Universitas Negeri Surabaya
  • Sarmini Universitas Negeri Surabaya
  • Agus Suprijono Universitas Negeri Surabaya
  • Nuansa Bayu Segara Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

Gotong Royong, Pembelajaran IPS, Pendidikan Karakter, Penilaian, Kolaborasi.

Abstract

Penelitian ini berfokus untuk menganalisis dan menggambarkan proses penanaman nilai gotong royong pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Karangrejo Kabupaten Magetan, melalui pembelajaran IPS. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan desain studi kasus, data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa penanaman nilai gotong royong dilakukan melalui tiga tahapan utama: perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian. Pada tahap perencanaan, guru mengintegrasikan nilai gotong royong ke dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), dengan menekankan kolaborasi melalui diskusi kelompok, kerja tim, dan proyek sosial. Tahap pelaksanaan berfokus pada aktivitas pembelajaran kolaboratif yang memberikan kesempatan siswa untuk mempraktikkan nilai kerja sama, tanggung jawab, dan empati secara langsung. Pada tahap penilaian, digunakan berbagai metode, seperti observasi langsung, refleksi diri, penilaian antar siswa, dan jurnal catatan guru, untuk mengevaluasi sejauh mana siswa telah menginternalisasi nilai gotong royong. Penelitian ini juga menemukan adanya kendala, termasuk rendahnya partisipasi beberapa siswa dalam kerja kelompok dan kurangnya konsistensi dalam penerapan nilai tersebut di berbagai kegiatan pembelajaran. Oleh karena itu, penelitian ini merekomendasikan pengembangan metode pembelajaran yang lebih inovatif, termasuk integrasi teknologi digital, untuk meningkatkan keterlibatan siswa. Penanaman nilai gotong royong yang efektif tidak hanya mendukung capaian akademik, tetapi juga membentuk karakter siswa yang didasari nilai kerja sama, tanggung jawab, dan empati, yang esensial dalam kehidupan bermasyarakat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraini, D., & Ramadhan, I. (2023). Kendala dan Strategi Guru dalam Penerapan Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Indonesia, 12(2), 123-135.

Astuti, S., & Setiawan, A. (2022). Peningkatan Partisipasi Siswa dalam Pembelajaran Berbasis Proyek. Jurnal Pendidikan Berkelanjutan, 14(4), 67-79.

Bambang Indriyanto. (2012). Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan: Pengembangan Kurikulum Sebagai Intervensi Kebijakan Peningkatan Mutu Pendidikan. Jakarta: Balitbang Permendikbud.

Dewi, S., & Pratama, R. (2020). Motivasi Siswa dalam Pembelajaran Aktif: Peran Guru Sebagai Fasilitator. Jurnal Pendidikan dan Sosial, 12(3), 112-124.

Hanifah, N., & dkk. (2022). Efektivitas Diskusi Kelompok pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Inovasi Pembelajaran, 10(3), 56-70.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2022). Pulihkan Pembelajaran, Mendikbudristek Luncurkan Kurikulum Merdeka dan Platform Merdeka Mengajar. Direktorat Sekolah Dasar.

Lidya, Denty.A, & R, A. (2020). Merdeka Belajar dinilai Membawa Semangat Fleksibilitas Tinggi. Kemendikbud.go.id.

Mulyasa. (2021). Guru dan Tantangan Kurikulum Baru: Analisis Peran Guru dalam Kebijakan Kurikulum Baru. Jurnal Basicedu, 6(4), 5936–5945.

Musanadah, S., Dwiyanti, F. R., & Manihtada, I. (2024). Analisis Kesiapan Kurikulum Indonesia dalam Menghadapi Persaingan Global. Tunas Nusantara, 6(2).

Nugraha, A & dkk. (2020). Meningkatkan Partisipasi Siswa Melalui Motivasi dan Inovasi Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Nasional, 8(2), 98-112.

Nurachadijat, A. (2023). Evaluasi Efektivitas Kurikulum Merdeka sebagai Langkah Kritis Menuju Implementasi Optimal. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 21(2), 123-135.

Putri Ulva Fahmiza. (2023). Persepsi Guru IPA terhadap Konsep dan Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar (Studi Kasus di MTsN Sekabupaten Aceh Besar). Master thesis.

Rahmawati, E., & Yuniar, L. (2021). Tantangan dan Peluang dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Indonesia, 10(2), 85-96.

Rahmawati, L., & Suryani, F. (2021). Persepsi guru tentang kurikulum merdeka. Indonesian Journal of Education, 10(2), 34–50.

Rani, F., & Junaidi, I. (2022). Ketersediaan Infrastruktur Teknologi untuk Pembelajaran Digital di Era Kurikulum Merdeka. Jurnal Teknologi Pendidikan, 17(2), 102-116.

Raudhatul, A., Hanafy, M., & Saepuloh, A. (2022). Analisis kebutuhan Kurikulum Merdeka dalam meningkatkan profesionalisme guru Raudhatul Athfal di Purwakarta. Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), 123-135.

Sapitri, L. (2022). Studi literatur terhadap kurikulum yang berlaku di Indonesia saat pandemi COVID-19. Jurnal Inovasi Kurikulum, 19(2), 227-238.

Sari, D. A., & Nugroho, A. (2020). Implementasi Pembelajaran Abad 21 dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Nasional, 9(2), h. 110.

Setiawan, R., & Nugroho, H. (2023). Struktur Kurikulum Merdeka: Peluang dan Tantangan. Jurnal Manajemen Pendidikan, 12(4), 78-90.

Setyawan, D., & Pratama, H. (2021). Peran Guru dalam Meningkatkan Keterlibatan Siswa. Jurnal Pendidikan Karakter, 7(3), 101-114.

Suarti, Hijrawatil Aswat, Masri Masri (2023). Peran Pembelajaran IPS Menuju Pelajar Pancasila pada Siswa di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol. 5, No.6, h. 2529.

Suhandi, A. M., & Robi'ah, F. (2022). Guru dan Tantangan Kurikulum Baru: Analisis Peran Guru dalam Kebijakan Kurikulum Baru. Jurnal Basicedu.

Surahman, E., dkk. (2020). Integrasi Metode Diskusi dan Proyek pada Pembelajaran Inovatif. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 8(3), 125-140.

Widyaningrum, P., & Prasetyo, B. (2023). Tantangan dan Solusi Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Menengah. Jurnal Pendidikan Inovatif, 15(1), 45-58.

Wijayanti, S., & Arif, M. (2022). Pemahaman Guru Terhadap Konsep Kurikulum Merdeka. Jurnal Inovasi Pendidikan, 14(1), 45-60.

Wijiatun, Lusia, dan Richardus Eko Indrajit. (2022). MERDEKA BELAJAR: Tantangan dan Implementasinya dalam Sistem Pendidikan Nasional. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Downloads

Published

2025-05-11

How to Cite

Nandawati, A., Sarmini, Suprijono, A., & Bayu Segara, N. (2025). Penanaman Sikap Gotong Royong melalui Pembelajaran IPS pada Siswa Kelas VIII di SMPN 1 Karangrejo Kabupaten Magetan . Jurnal Dialektika Pendidikan IPS, 5(1), 225–234. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/PENIPS/article/view/66080

Issue

Section

ARTIKEL
Abstract views: 118 , PDF Downloads: 62

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2