Analisis Potensi Objek Wisata Sendang Widodaren Desa Bektiharjo Kabupaten Tuban Sebagai Sumber Belajar IPS
Keywords:
Potensi Wisata, Sumber Belajar, Sendang WidodarenAbstract
Wisata Alam Sendang Widodaren, yang dikenal sebagai Pemandian Bektiharjo berada di Desa Bektiharjo Kecamatan Semanding Kabupaten Tuban merupakan wisata yang memiliki nilai-nilai dan objek yang beragam. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis potensi yang ada di wisata alam Sendang Widodaren berdasarkan aspek-aspek kajian IPS. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif ekploratif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian analisis potensi wisata Sendang Widodaren sebagai sumber belajar IPS berupa aspek geografi yakni lokasi Sendang Widodaren, sumber daya alam berupa flora, fauna dan mata air alami, aspek sejarah wisata Sendang Widodaren berupa legenda dan, budaya. Aspek sosiologi berupa interaksi, nilai dan sikap di wisata Sendang Widodaren dan aspek ekonomi berupa kegiatan ekonomi di wisata Sendang Widodaren. Potensi wisata Sendang Widodaren berdasarkan aspek kajian IPS memiliki kesesuaian dengan materi, tujuan pembelajaran dan capaian pembelajaran IPS kelas VII kurikulum merdeka. Adapun pada penelitian yang telah dilakukan, penelitian ini akan menghasilkan rekomendasi sumber belajar berupa RPP/ Modul Ajar dan Lembar Kerja Peserta Didik untuk memberikan pembelajaran peduli lingkungan dengan materi Pembiasaan diri melestarikan lingkungan.
Downloads
References
Afandi, R. (2013). Integrasi Pendidikan Lingkungan Hidup Melalui Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar Sebagai Alternatif Menciptakan Sekolah Hijau. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 2(1), 98–108. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v2i1.50
Devi, I. A. S., Damiati, D., & Adnyawati, N. D. M. S. (2019). Potensi Objek Wisata Edukasi Di Kabupaten Gianyar. Jurnal BOSAPARIS: Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, 9(2), 130. https://doi.org/10.23887/jjpkk.v9i2.22136
Farnadayanti, Y. S. (2021). Mitos Pemandian Di Desa Bektiharjo Dan Petilasan Sunan Kalijaga Di Desa Medalem Kabupaten Tuban (Kajian Fungsi, Nilai, Dan Resepsi Masyarakat. Edu-Kata, 7(2), 143–155. https://doi.org/10.52166/kata.v7i2.2722
Muis, A. A., & Pitra, S. A. (2021). Peranan Internet sebagai Sumber Belajar Dalam Meningkatkan Minat Belajar Pendidikan Agama Islam Peserta Didik Kelas XI di SMA Muhammadiyah Parepare. Jurnal Al-Ibrah, 10(1), 189–222. https://jurnal.umpar.ac.id/index.php/ibrah/article/view/788
Nafisah, N. D. S., Ardiansyah, A. N., & Windarti, A. (2019). Analisis Pemanfaatan Objek Wisata Gunung Padang Sebagai Sumber Belajar Geografi. SOSIO DIDAKTIKA: Social Science Education Journal, 6(1), 34–41. http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/SOSIO-FITK
Nerita, S., Ananda, A., & Mukhaiyar, M. (2023). Pemikiran Konstruktivisme Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran. Jurnal Education and Development, 11(2), 292–297. https://doi.org/10.37081/ed.v11i2.4634
Novi, E., Zebua, K., & Rangrang, S. (2022). Studi Etologi Semut Rangrang (Oecophyylla Smaragdina) Pada Kondisi Habitat Yang Berbeda. FAGURA: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan, 1(2), 95–107.
Pionita, L., Sesrita, A., & Mawardini, A. (2022). E-Journal Skripsi Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Di SDN Babakan Madang 01. Journal Skripsi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 5(3), 167.
Pramita, Y., & Segara, N. B. (2022). Analisis Potensi dan Pengelolaan Desa Agro-History Wisata Menang di kabupaten Kediri Sebagai Sarana Edukatif dan Sumber Pembelajaran IPS. JPPI: Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS, 16(1), 84–106. http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JPPI
Sasmita, R. S. (2020). Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 99–103. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.603
Sudarsana, I. K. (2016). Pemikiran Tokoh Pendidikan Dalam Buku Lifelong Learning: Policies, Practices, And Programs (Perspektif Peningkatan Mutu Pendidikan di Indonesia). Jurnal Penjaminan Mutu, 2(2), 44. https://doi.org/10.25078/jpm.v2i2.71
Susanti, S., Puspitasari, R., & ... (2023). Penggunaan Outdoor Learning dan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran IPS di MTs Salafiyah Cirebon. … PEDAGOGY: Journal of …, 1–14. https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/social-pedagogy/article/view/6847%0Ahttps://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/social-pedagogy/article/download/6847/3276
Wicaksono, B. A., Khotimah, K., Segara, N. B., & Prastiyono, H. (2023). Analisis Potensi Ekosistem Mangrove Center Tuban Sebagai Sumber Belajar Pendidikan Lingkungan Bahari Dalam Pembelajaran IPS. SOSEARCH : Social Science Educational Research, 3(2), 66–80. https://doi.org/10.26740/sosearch.v3n2.p66-80
Widodo, A., Indraswati, D., Sutisna, D., Nursaptini, N., & Anar, A. P. (2020). Pendidikan IPS Menjawab Tantangan Abad 21: Sebuah Kritik Atas Praktik Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. ENTITA: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 2(2), 185–198. https://doi.org/10.19105/ejpis.v2i2.3868
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Revina Armeilia, Katon Galih Setyawan, Dian Ayu Larasati, Sukma Perdana Prasetya

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Abstract views: 11
,
PDF Downloads: 7
