Pengembangan E-Book Berbasis Project Based Learning Materi Inovasi Teknologi Biologi untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kreatif pada Peserta Didik SMA

Authors

  • Agil Zuhal Triandro Universitas Negeri Surabaya
  • Isnawati Isnawati Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/bioedu.v13n3.p550-661

Keywords:

Berpikir Kreatif, Project Based Learning , E-Book, SDGs

Abstract

Berpikir kreatif dalam tuntutan abad-21 perlu ditingkatkan dalam kurikulum Merdeka. Berpikir kreatif yakni pemikiran usaha menciptakan gagasan baru. Berpikir kreatif dapat dilatihkan melalui model pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Penelitian ini bertujuan menghasilkan E-Book yang berdasarkan model Project Based Learning pada Materi Inovasi Teknologi Biologi untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kreatif pada Peserta Didik SMA yang layak berdasarkan validitas, kepraktisan, dan keefektifan. E-Book dikembangkan menggunakan model ADDIE yakni Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Uji coba terbatas mengimplementasikan kepada siswa SMA kelas X di SMA Hang Tuah 4 Surabaya. Variabel meliputi validitas yang dilihat dari hasil validitas ahli, kepraktisan yang dilihat dari hasil uji grafik fry, observasi keterlaksanaan, dan respons peserta didik, dan keefektifan yang dilihat dari hasil tes dan juga penilaian proyek. Data dianalisis dengan teknik deskripsi kuantitatif. E-Book dinyatakan sangat valid dengan persentase 90,2% ditinjau dari kelayakan penyajian, isi, bahasa, kesesuaian sintaks model pembelajaran Project Based Learning, dan ketercapaian aspek berpikir kreatif oleh ketiga validator. E-book dinyatakan praktis ditinjau dari aspek keterbacaan uji grafik fry berada pada tingkat kelas 11, mendapatkan respons positif dari peserta didik dengan persentase respons penggunaan E-Book sebesar 95,6% termasuk kategori sangat baik, dan mendapatkan hasil observasi keterlaksanaan sebesar 3,75 termasuk kategori sangat baik. E-Book yang berdasarkan model Project Based Learning untuk melatihkan kemampuan berpikir kreatif efektif ditinjau dari peningkatan hasil belajar dengan gain score keseluruhan sebesar 0,73 dengan kategori tinggi serta mampu melatihkan kemampuan berpikir kreatif dan penilaian proyek peserta didik sebesar 89,2% dengan kategori sangat efektif. E-Book  yang telah dikembangkan dapat digunakan dalam pembelajaran secara valid, praktis dan efektif serta mampu melatih kemampuan berpikir kreatif menggunakan model pembelajaran project based learning.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, M. M. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Abdulloh, W. L. I., Suryaningsih, Y., dan Sugandi, M. K. 2021. Pembelajaran Project Based Learning Berbantuan Adobe Flash Terhadap Berpikir Kreatif Peserta Didik pada Materi Perubahan Lingkungan. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 3, 379-386.

Anggelisa, Y. N., dan Bangun, W. A. 2020. Pengaruh Project Based Learning (PJBL) dengan Menggunakan Media Lingkungan Hidup pada Materi Ekosistem Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Kognitif Kelas X SMAN 1 Sungai Betung. In Prosiding Seminar Nasional IKIP Budi Utomo, 1(01), 699-708.

Azzahra, U, Arsih, F, & Alberida, H 2023. Pengaruh Model Pembelajaran Project-Based Learning (PjBL) Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik Pada Pembelajaran Biologi: Literature Review. BIOCHEPHY: Journal of Science Education, 3(01), 49-60.

Darwanto, D. 2019. Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis: (Pengertian dan Indikatornya). Eksponen, 9(2), 20-26.

Fitri, H.M.M., & Rahayu, Y. 2022. Pengembangan E-Book Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Pertumbuhan Dan Perkembangan Tumbuhan Untuk Melatihkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XII SMA. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 11(1), 28-38.

Harriman. 2017. Berpikir kreatif. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689-1699.

Hartini, A. 2017. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta didik Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(2a).

Hasnunidah, N., dan Sikumbang, D. 2020. Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik. Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah, 8(3), 11-19.

Hermawan, I. 2019. Teknik Menulis Karya Ilmiah Berbasis Aplikasi dan Metodologi. Kuningan: Hidayatul Quran.

Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, W., Samala, A. D., Riyanda, A. R., dan Adi, N. H. 2022. Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar Dengan Model Pembelajaran Abad 21 Dalam Perkembangan Era Society 5.0. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 3011-3024.

Insyasiska, D., Zubaidah, S., dan Susilo, H. 2017. Pengaruh Project Based Learning Terhadap Motivasi Belajar, Kreativitas, Kemampuan Berpikir Kritis, dan Kemampuan Kognitif Peserta Didik Pada Pembelajaran Biologi. Jurnal pendidikan biologi, 7(1), 9-21.

Lestari, T.L., Adi, E.P., dan Soeprayitno, Y. 2018. E- book Interaktif. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(1), 71-76.

Munandar, U. 2011. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Nita, R. S., dan Irwandi, I. (2021). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik Melalui Model Project Based Learning (PjBL). BIOEDUSAINS: Jurnal Pendidikan Biologi dan Sains, 4(2), 231-238.

Nugroho, A. T., Jalmo, T., dan Surbakti, A. 2019. Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kemampuan Komunikasi dan Berpikir Kreatif. Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah, 7(3), 50-58.

Rachmawati, Y. 2012. Strategi pengembangan kreativitas pada anak. Prenada Media.

Rahmadani, W., Harahap, F., dan Gultom, T. 2017. Analisis Faktor Kesulitan Belajar Biologi Peserta Didik Materi Bioteknologi di SMA negeri se-kota Medan. Jurnal Pendidikan Biologi, 6(2), 279-285.

Riduwan. 2015. Skala Pengukuran Variabel–Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta

Rosid, M. 2019. Analisis Ketrampilan Berpikir Kreatif Dan Aktivitas Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Kimia: Bahan Kimia Dalam Kehidupan Sehari-Hari Menggunakan Model Project Based Learning Jurnal pembelajaran Fisika, 8(3), 195-201.

Rosyidah, I., dan Rahayu, Y. S. 2022. Pengembangan E-Book Interaktif Berorientasi Contextual Teaching and Learning untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kreatif pada Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 11(1), 49-59.

Saepudin, A. 2020. Project Based Learning Implementation to Student's Scientific Attitude and Creativity Improvement. Jurnal Mangifera Edu, 5(1), 64-77.

Santoso, B. P., dan Wulandari, F. E. 2020. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek Dipadu Dengan Metode Pemecahan Masalah pada Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik dalam Pembelajaran Ipa. Journal of Banua Science Education, 1(1), 1-6.

Saraswati, P. M. S., dan Agustika, G. N. S. 2020. Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dalam Menyelesaikan Soal HOTS Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 257-269.

Sukmawijaya, Y., Suhendar, S., dan Juhanda, A. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Stem-Pjbl Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik pada Materi Pencemaran Lingkungan. Jurnal BIOEDUIN: Program Studi Pendidikan Biologi, 9(2), 28-43.

Supiati, S. E. S., dan Sugandi, M. K. 2022. Model Pembelajaran Project Based Learning pada Konsep Pencemaran Lingkungan untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 4, 247-254.

Susetyadi, A. D., Permanasari, A., & Riandi, R. 2020. The Feasibility and Readability Test of Stem-Based Integrated Science Teaching Book Model themed “Blood as Transportation System on our Body”. In Journal of Physics: Conference Series, 1521(4).

Tama, H. N., Jalmo, T., dan Yolida, B. 2019. Pengaruh Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kemampuan Komunikasi Sains dan Berpikir Kreatif. Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah, 7(2), 83-92.

Vendiktama, P. R., Irawati, M. H., dan Suarsini, E. 2016. Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik SMAN 1 Krian Tahun 2016. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA Pascasarjana UM, 809-814.

Wahyuni, L., dan Rahayu, Y. S. 2021. Pengembangan E-Book Berbasis Project Based Learning (PjBL) untuk Melatihkan Kemampuan Berpikir Kreatif pada Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan kelas XII SMA. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 10(2), 314-325.

Zulpadly, Z., Harahap, F., dan Edi, S. 2016. Analisis Kesulitan Belajar Peserta didik Materi Bioteknologi SMA Negeri Se-Kabupaten Rokan Hilir. Jurnal Pendidikan Biologi, 6(1), 242-248.

Downloads

Published

2024-10-17

Issue

Section

Articles
Abstract views: 434 , PDF Downloads: 247

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >> 

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.