Pengembangan Buku Saku Digital Berbasis TPACK Learning Model Collaborative Learning Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa

Authors

  • Shafa Nurisma Salsabila Universitas Negeri Surabaya
  • Yuliani Yuliani Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/bioedu.v13n3.p674-683

Keywords:

Buku Saku Digital, TPACK Learning, Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan buku saku digital materi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan sebagai bahan ajar yang layak dalam melatihkan keterampilan berpikir kritis siswa yang dapat ditinjau dari aspek kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan. Jenis penelitian menggunakan model pengembangan ADDIE dengan desain penelitian one-shot case study pada 20 siswa SMA kelas XII. Tahap Analysis memuat analisis kurikulum, analisis tugas, analisis peserta didik, dan analisis konsep. Tahap Design memuat perancangan konsep produk berdasarkan permasalahan penelitian. Tahap Development memuat penilaian terhadap produk pengujian kelayakan oleh dua validator. Tahap Implementation memuat perlakuan uji coba setelah produk dikatakan layak. Tahap Evaluation memuat pendeskripsian tentang pencapaian belajar siswa terhadap penggunaan produk. Hasil penelitian diantaranya kelayakan yang ditinjau dari validitas buku saku digital dengan rerata sebesar 99,72%; kepraktisan buku saku digital ditinjau dari keterbacaan memperoleh kategori level 12, respons guru Biologi dengan rerata sebesar 100%, dan respons siswa dengan rearata sebesar 96,33%; keefektifan buku saku digital ditinjau dari hasil belajar siswa memperoleh hasil sebesar 75% dan keterampilan berpikir kritis siswa dengan rerata sebesar 85,48% (interpretasi sebesar 90%, ekplanasi sebesar 88,75%, analisis sebesar 91,66%, inferensi sebesar 92,5%, evaluasi sebesar 75%, dan regulasi diri 75%). Dapat disimpulkan bahwa buku saku digital sebagai bahan ajar dinyatakan layak untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amalia, D dan Hadi, W. 2020. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal HOTS Berdasarkan Kemampuan Penalaran Matematis. Transformasi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika. 4(1): 219-236.

Amiruddin. 2019. Pembelajaran Kooperatif dan Kolaboratif. Journal of Education Science. 5(1): 91-107.

Ariyana, Y., Pudjiastuti, A., Bestary, R., dan Zamroni. 2021. Pembelajaran 3. Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Aulia, N. N dan Indana, S. 2020. Validitas LKPD Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan Berbasis Guided Discovery untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XII SMA. BioEdu: Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi. 9(3): 545-552.

Ayulistiana, D dan Yuliani, Y. 2020. The Practicality of Problem-Solving E-Book in Plant Growth and Development Material to Train Critical Thinking Skills. BioEdu: Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi. 9(3): 560-564.

Barkley, E. F., Cross, K. P., dan Major, C. H. 2014. Collaborative Learning Techniques: A Handbook for College Faculty. Hoboken, NJ: John Wiley dan Sons.

Berglund, K. 2021. Introducing the Beststreamer: Mapping Nuances in Digital Book Consumptionat Scale. Publishing Research Quarterly. 37: 135-15.

Cottrell, Stella. 2017. Critical Thinking Skills: Effective Analysis, Argument, and Reflection. USA: Bloomsbury Academic.

Dewi, M. P. 2023. Meta-Analisis Pengembangan Buku Saku Biologi Berbasis Mind Map sebagai Media Pembelajaran Biologi. JPSP: Jurnal Penelitian Sains dan Pendidikan. 3(1): 86-91.

Erawati, N. K., Purwati, N. K. R., dan Saraswati, I. D. A. P. D. 2022. Pengembangan E-Modul Logika Matematika untuk Menunjang Pembelajaran di SMK. JPM: Jurnal Pendidikan Matematika. 8(2): 71-80.

Facione, P. A. 2013. Critical Thinking: What Is and Why It Counts. California: The California Academic Press.

Faridah, E dan Artono. 2019. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Soal-Soal HOTS (High Order Thinking Skills) Mata Pelajaran Sejarah Kelas X-IPS SMAN 2 Sidoarjo. E-Journal Pendidikan Sejarah. 7(3): 1-5.

Fatin, I dan Yunianti, S. 2018. Formula Keterbacaan Fry. Surabaya: UM Surabaya Publishing.

Febrianti, F. A. 2021. Pengembangan Digital Book Berbasis Flip PDF Professional untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa. Caruban: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. 4(2): 102-115.

Febriarti, F. D dan Rahayu, Y. S. 2022. Pengembangan E-Book Interaktif pada Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas XII SMA. BioEdu: Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi. 11(3): 775-784.

Hadiansah, D., Sari, H., Firmansyah, E., dan Rabiussani, R. 2021. Model Collaborative Learning (CL) dalam Pembelajaran Menulis Teks Eksplanasi untuk Meningkatkan Berpikir Kritis pada Siswa Kelas VII SMP Nugraha Kota Bandung. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa dan Sastra. 7(1): 73-84.

Harras, K. A. 2019. Membaca 1: Hakikat dan Proses Membaca. Jakarta: Universitas Terbuka.

Hermawan, A. F dan Ekohariadi. 2019. Pengembangan Aplikasi Buku Saku Digital Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Mobile pada Mata Pelajaran Pemrograman Dasar Bagi Siswa Kelas X TKJ di SMKN 1 Sidayu Gresik. Jurnal IT-Edu. 3(2): 131-138.

Hernawan, dkk. 2012. Pengembangan Bahan Ajar. Direktorat UPI. 4(11): 1-13.

Hill, S dan Hill, T. 1993. The Collaborative Classroom: A Guide to Cooperative Learning. Australia: Eleanor Curtain Publishing.

Ikhmah, D. 2016. Keefektifan Collaborative Learning Berbasis Tugas dengan PEER Assesment terhadap Pemahaman Konsep Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan Siswa Kelas XI. (Skripsi Online), http://lib.unnes.ac.id/26821/1/4301412022.pdf (Diakses pada tanggal 10 Juli 2023).

Kemendikbud-Ristek. 2023. Hasil PISA Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Khoiruzzadi, M dan Prasetya, T. 2021. Perkembangan Kognitif dan Implikasinya dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Madaniyah. 11(1): 1-14.

Kodri, K., Budiwati, N., dan Waspada, I. P. 2020. Technological Pedagogical Content Knowledge untuk Meningkatkan Critical and Creative Thinking Skills Siswa. Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan. 8(2): 129-138.

Lestari, I., Shoffan, S., dan Suryaningtyas, W. 2019. Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Model Kooperatif Tipe TGT-HOTS (Teams Games Tournament-Higher Order Thinking Skills) pada Materi Trigonometri Kelas X SMA Muhammadiyah 4 Surabaya. Seminar Nasional Pendidikan Matematika, HIMAPTIKA UM Surabaya.

Mishra, P dan Koehler, M. J. 2006. Technological Pedagogical Content Knowledge. Teachers College Record. 6(108); 1017-1058.

Murti, S. A. M dan Puspitawati, R. P. 2023. Pengembangan E-LKPD Interaktif Berbasis Collaborative Learning pada Materi Pertumbuhan dan Perkembangan untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik. BioEdu: Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi. 12(3): 654-663.

Nabilah, M., Stepanus, S. S., dan Hamdani. 2020. Analisis Kemampuan Kognitif Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Momentum dan Impuls. JIPPF. 1(1): 1-7.

OECD. 2023. PISA 2022 Results Volume II. (Online), https://www.oecd.org/pisa/. (Diakses pada 10 Desember 2023).

Oktaviani, I. D dan Yuliani. 2018. Validitas dan Keterbacaan Buku Ajar Berbasis Literasi Sains pada Materi Fotosintesis Kelas XII SMA. BioEdu: Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi. 7(2): 142-147.

Putra, R. P dan Syarifuddin, H. 2019. Pengembangan Bahan Ajar Penyajian Data Berbasis Pendidikan Karakter. Jurnal Basicedu. 3(2): 264-270.

Rahman, M. H., Ardiansyah, A., Dewi, M. S., dan Nikmatullah, F. Analisis Respon Siswa dan Guru terhadap Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Online pada Pelajaran Al-Quran Hadist di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kota Batu. Jurnal Literasiologi. 8(2): 17-31.

Riduwan. 2013. Pengantar Statistika untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi dan Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Rohmah, Y. L dan Sakti, N. C. 2022. Pengembangan Bahan Ajar Menggunakan Modul Elektronik Interakif Berbasis Flip PDF Profesional pada Kelas X IPS SMA. JEKPEND Jurnal Ekonomi dan Pendidikan 5(2): 52-61.

Sari, D. P., Darma, Y., dan Oktaviana, D. 2023. Pengembangan Buku Saku Digital Berbasis Problem Based Learning (PBL) Bermuatan Etnomatika terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran. 6(4): 2974-2982.

Sarimanah, E., Soeharto, S., Ramadhanti, A., Suhendra, S., dan Efendi. 2021. Investigating Indonesian Textbooks Readability Using Fry Graph Formula. Tadris: Jurnal Keguruan dan Ilmu Tarbiyah. 6(1): 207–218.

Setiawan, P., Suhara, A. M., dan Mustika, R. I. 2023. Respon Siswa terhadap Bahan Ajar Audio Visual Dalam Kegiatan Menulis Teks Berita. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 6(6): 529-535.

Setiyaningrum, S dan Suratman, B. 2020. Pengembangan Buku Saku Sebagai sebagai Bahan Ajar Kearsipan Kelas X OTKP SMK Negeri 1 Jombang. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran. 8(2): 305-317.

Shiyamsyah, F. S. F dan Yuliani. 2022. Pengembangan E-Book Interaktif pada Materi Respirasi Seluler untuk Melatihkan Kemampuan Literasi Digital Siswa SMA Kelas XII. BioEdu: Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi. 11(2): 492-501.

Solihat, A. N., Sumiwati, S., dan Afriza, E. F. 2019. Implementasi Pedagogical Content Knowledge (PCK) dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa. Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan. 7(1): 69-76.

Sonia, S dan Yuliani. 2023. Validitas dan Ketebacaan E-Book Interaktif Enzim untuk Melatihkan Kemampuan Literasi Digital Siswa SMA Kelas XII. BioEdu: Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi. 12(3): 585-594.

Susantini, E., Puspitawati, R. P., dan Suaidah, H. L. 2021. E-Book of Metacognitive Learning Strategies: Design and Implementation to Activate Student’s Self-Regulation, Research and Practice in Technology Enhanced Learning. BioEdu: Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi. 16(1): 1-17.

Triana, D dan Yuliani. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Berbasis CD Interaktif pada Materi Jaringan Tumbuhan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA. BioEdu: Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi. 7(3): 577-585.

Wardana, O. K dan Prastiwi, M. S. 2023. Pengaruh Cooperative Learning Tipe Think Pair and Share (CL-TPS) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Perubahan Lingkungan. BioEdu: Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi. 12(2): 564-574.

Yuliani, F dan Herlina, L. 2015. Pengembangan Buku Saku Materi Pemanasan Global untuk SMP. Unnes Journal of Biology Education. 4(1): 104-110.

Yuniar, V. 2022. Pengaruh Desain Sampul terhadap Keputusan Pembelian Buku Anak di Toko Gramedia Aceh” 3. (Skripsi Online), https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25335/1/Vira%20Yuniar,%20180503086,%20FAH,%20IP,%20082361751806.pdf (Diakses pada tanggal 19 Mei 2024).

Zahwa, A dan Isnawati. 2020. Validitas Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Discovery Learning Materi Hereditas Manusia untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis. BioEdu: Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi. 9(2): 166-171.

Downloads

Published

2024-10-17

Issue

Section

Articles
Abstract views: 315 , PDF Downloads: 133

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >> 

Similar Articles

<< < 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.