Pengembangan E-Book Materi Keanekaragaman Hayati untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMA

Authors

  • Lailatul Fitria Novitasari Universitas Negeri Surabaya
  • Reni Ambarwati Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/bioedu.v14n2.p512-522

Keywords:

media pembelajaran, pendidikan berkualitas, ekosistem daratan, biodiversitas

Abstract

Keterampilan berpikir kritis penting bagi peserta didik karena dapat membantu mereka dalam menganalisis informasi, mengambil keputusan, serta memecahkan permasalahan secara logis dan sistematis. Tingkat keterampilan berpikir kritis peserta didik masih perlu ditingkatkan, terutama untuk indikator inferensi, analisis, eksplanasi, evaluasi, dan regulasi diri. Untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis peserta didik diperlukan sumber pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan pembelajaran peserta didik. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini bertujuan menghasilkan E-Book materi Keanekaragaman Hayati yang valid, praktis, dan efektif untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Jenis penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Validasi dilakukan oleh ahli materi dan ahli pendidikan. Uji coba terbatas dilakukan di Surabaya dengan melibatkan 5 guru biologi dan 35 peseta didik. Validitas E-Book dinilai dari aspek  isi, penyajian, kebahasaan, dan keterampilan berpikir kritis; kepraktisan dinilai dari uji keterbacaan, keterlaksanaan aktivitas peserta didik, serta angket respons guru dan peserta didik; sedangkan keefektifan dinilai dari ketercapaian keterampilan berpikir kritis. E-Book yang dihasilkan memuat lima indikator berpikir kritis yaitu inferensi, analisis, eksplanasi, evaluasi, dan regulasi diri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-Book Keanekaragaman Hayati yang dikembangkan dilengkapi dengan enam fitur, yaitu Bio Insight, Bio Think, Bio Net, Bio Activity, Bio Review, dan Bio Means. E- Book dinyatakan sangat valid (100%), sangat praktis berdasarkan keterbacaan level 10, keterlaksanaan (97,99%), respons positif guru (98,45%), dan  respons positif peserta didik (98,85%), sangat efektif berdasarkan ketercapaian keterampilan berpikir kritis (92,06%). E-Book materi Keanekaragaman Hayati dinyatakan dapat digunakan untuk pembelajaran di kelas X SMA berdasarkan aspek validitas, kepraktisan, dan keefektifan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Almadhi, A., M., dan Alanazi, M., Z. 2024. The Effect of E-Book Reading on EFL Saudi Learners’ Reading Comprehension and Reading Attitudes. Cogent Education. 11(1): 1-10.

Andhani, N. D., Ningsih, K., dan Tenriawaru, A. B. 2021. Kelayakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Submateri Invertebrata Kelas X. Bioedu: Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi. 13(1): 17-21.

Anindita, T., dan Rachmadiarti, F. 2024. Validitas E-Book Keanekaragaman Hayati Berorientasi Contextual Teaching and Learning untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis. BioEdu: Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi. 13(1): 147-154.

At’haya’, A., Hindriana, A., F., dan Nur, S., H. 2023. Analisis Profil Pelajar Pancasila dalam Proses Pembelajaran Biologi SMA pada Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi. 9(3): 60-70.

Aura, A., Y., Purbohadi, D., dan Kurniati, A. 2022. Optimal Size And Font For Mobile Learning. Emerging Information Science and Technology. 3(1): 29-33.

Azizah, V. A., dan Budijastuti, W. 2021. Media Pembelajaran Ilustratif E-Book Tipe Flipbook pada Materi Sistem Imun untuk Melatihkan Kemampuan Membuat Poster. JIPB: Jurnal Inovasi Pembelajaran Biologi. 2(2):40-51.

BSNP. 2014. Naskah Akademik Instrumen Penilaian Buku Teks Pelajaran Pendidikan Dasar Dan Menengah. (Online), bnsp.indonesia.org/2014/05/28/instrument-penilaian- bukuteks-pelajaran tahun-2014/. (Diakses pada tanggal 21 Maret 2025).

Damayanti, I., Winarsih, M., dan Deasyanti. 2020. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Model Pembelajaran Kooperative Tipe Group investigation pada Mata Pelajaran IPS di Sekolah Dasar. Edubase: Journal of Basic Education. 1(1): 14-22.

Depdiknas. 2008. Pengembangan Materi Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Jendral Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktorat Pendidikan Sekolah Menengah Atas.

Facione, P.A., Facione, N., C., and Gittens, C., A. 2020. Advancing Thinking Worldwide: What the Critical Thinking Data Tell Us. Millbrae CA: Insight Assesment.

Fadzilah, H., N., dan Isnawati. 2024. Pengembangan E-Book Interaktif Tipe Flipbook pada Materi Enzim dan Metabolisme untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XII SMA. Bioedu: Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi. 13(2): 356-369.

Faizah, U. 2020. Etika Lingkungan dan Aplikasinya dalam Pendidikan Menurut Perspetif Aksiologi. Jurnal Filsafat Indonesia. 3(1): 14-22.

Fry, E. 1967. A Readibility Formula That Saves Time. Journal of Reading. 11(7): 513-516.

Hadi, K. 2017. Pengembangan Model Problem Based Learning Berbasis Kearifan Lokal pada Materi Keanekaragaman Hayati Kelas X di Kabupaten Aceh Selatan. Bionatural. 4(2): 42-52.

Hartiningrum, Y., dan Susantini, E. 2019. Kelayakan Empiris E-Book Berbasis HOTS Pada Materi Pembelahan Sel untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Kelas XII SMA/MA. Bioedu: Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi. 8(2): 232-239.

Hawlitschek, A., Dietrich, A., dan Zug, S. 2023. Effects of Different Types of Guidance on Students’ Motivation and Learning in a Remote Laboratory in Computer Science. Computer Science Education. 33(3): 375-399.

Indirayani, A. A. I. R., Sudiana, I. N., dan Kristiantari, M. G. R. 2023. Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berkearifan Lokal Tradisi Ngayah untuk Menstimulasi Tumbuh dan Berkembangnya Karakter Profil Pelajar Pancasila Dimensi Bergotong Royong. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia. 7(2):194-206.

Kemendikbud. 2017. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nomor 22 Tahun 2017 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Khair, N., dan Fauzi, A. 2022. Efektifitas E-Book Fisika SMA/MA Terintergrasi Materi Gempa Bumi Berbasis Research Based Learning untuk Meningkatkan Sikap Siaga Peserta Didik. Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP). 6(1):44-51.

Muthoharoh, H., L., K., Susanto, L., H., dan Hidayat, N. 2023. Pengembangan E-Book Interaktif untuk Meningkatkan Kompetensi Kognitif Siswa. Biosfer: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi. 8(1): 14-21.

Nawawi, M., I. 2020. Pengaruh Media Pembelajaran terhadap Motivasi Belajar: Tinjauan Berdasarkan Karakter Generasi Z. Journal of Research and Education Studies: e-Saintika. 4(2): 197-210.

Nieveen, N. 1999. Design Approach and Tools in Education and Training. 1-14. Springers Netherlands.

Novitasari, L., F., dan Ambarwati, R. 2024. Profil Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA di Surabaya. Prosiding Seminar Biologi. 61-66.

Pertiwi, N., P., Saputro, S., Yamtinah, S., dan Kamari, A. 2024. Enhanching Critical Thinking Skills through STEM Problem Based Learning: An Integrated E-Module Education Website with Virtual Experiments. Journal of Baltic Science Education. 23(4): 739-766.

Pitorini, D., E., Suciati, dan Harlita. 2024. Students’ Critical Thinking Skills Using an E-Module Based on Problem Based Learning Combined with Socratic Dialogue. Journal of Learning for Development. 11(1): 52-65.

Prastowo, A. 2014. Pengembangan Sumber Belajar Tematik. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Rachim, D., A., dan Ambarwati, R. 2021. Developing an E-Flipbook on Enviromental Change Topics to Develop Students’ Digital Literacy. Edusains. 13(1): 25-34.

Riduwan & Sunarto. 2013. Pengantar Statistika untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi, dan Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Smaldino, S.,E., Lowther, D.,L, dan Russel, J. D. 2011. Instructional Technology and Media for Learning. Boston: Pearson Education.

Suminar, D. Y. 2022. Penerapan Video Interaktif Alur Merrdeka untuk Meningkatkan Kemampuan Bernalar Kritis di SMAN 10 Pontianak. Jurnal Pembelajaran Prospektif. 7(1).

Suswina, M. 2011. Hasil Validitas Pengembangan Bahan Bergambar Disertai Peta Konsep Untuk Pembelajaran Biologi SMA Semester 1 Kelas XI. E-Journal IAIN Batusangkar. 14(1): 44-51.

Syuryani, I., D., dan Rachmadiarti, F. 2020. Validitas E-Book Interaktif pada Materi Keanekaragaman Hayati untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMA. Bioedu: Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi. 9(20): 140-149.

Wahyuni, L., dan Rahayu, Y., S. 2021. Pengembangan E-Book Berbasis Project Based Learning (PJBL) untuk Melatihkan Kemampuan Berpikir Kreatif pada Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan Kelas XII SMA. Bioedu: Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi. 10(2): 314-325.

Downloads

Published

2025-05-28

Issue

Section

Articles
Abstract views: 130 , PDF Downloads: 50

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >> 

Similar Articles

<< < 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.