Pengembangan E-LKPD Berbasis Guided Discovery dengan Memanfaatkan Web OLabs untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Terintegrasi Materi Fotosintesis
DOI:
https://doi.org/10.26740/bioedu.v14n3.p699-708Keywords:
Lembar Kegiatan Peserta Didik Elektronik (E-LKPD), Guided discovery, KPSTAbstract
Kemampuan dalam menjalankan proses sains secara terpadu menjadi elemen esensial dalam upaya peningkatan mutu tenaga pendidik di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk merancang E-LKPD yang mengadopsi pendekatan Guided Discovery sebagai media pembelajaran guna mengasah Keterampilan proses sains terintegrasi pada topik fotosintesis, dengan mengacu pada aspek kelayakan yang mencakup validitas, kepraktisan, dan efektivitas. Rancangan penelitian menggunakan model pengembangan 4D yang meliputi tahap Define, Design, Develop, dan Disseminate. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara terbatas serta pemanfaatan sejumlah instrumen, antara lain lembar validasi, angket respon siswa, observasi aktivitas belajar, dan tes keterampilan proses sains terintegrasi yang dilakukan sebelum dan sesudah perlakuan (pretest-posttest). Subjek dalam penelitian ini adalah 20 siswa kelas XII IPA di SMAN 20 Surabaya. Berdasarkan analisis, E-LKPD yang dikembangkan memperoleh tingkat validitas sebesar 96,8% yang tergolong sangat valid, menjadikannya layak digunakan sebagai perangkat ajar. Dari sisi kepraktisan, diperoleh skor 97,6% berdasarkan tanggapan peserta didik, yang menunjukkan bahwa E-LKPD sangat praktis dalam penerapannya. Sementara itu, efektivitas perangkat ini terlihat dari perolehan skor N-gain sebesar 0,79 dalam kategori peningkatan tinggi, yang mengindikasikan bahwa E-LKPD efektif dalam mendukung proses pembelajaran. Dengan demikian, E-LKPD berbasis Guided Discovery yang dirancang terbukti valid, praktis, dan efektif serta mampu meningkatkan keterampilan proses sains terintegrasi siswa.
Downloads
References
Burgawanti, Kartono, Ghasya, D. A. V., Kresnadi, H., & Suparjan. (2023). Kelayakan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Liveworksheet pada Pembelajaran Tema 3 Subtema 2 Kelas IV SD Negeri 01 Jagoi Babang. Journal on Education, 5(4).
Carin, A. (1993). Teaching Science Through Discovery Seventh Edition. New York: Macmillan Publishing Company.
Devi, (2021). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) Berbsis Guided Discovery Untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Terintegrasi Pada Materi Fotosintesis Kelas XII SMA. BioEdu. Vol.10 No.3 Taun 2021. 510-522.
Damayanti, J., & Ratnasari, E. (2021). Profil dan Validitas Lembar Kegiatan Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) Berbasis Bioentrepreneurship untuk Melatihkan Keterampilan Kewirausahaan dalam Era Industri 4.0. BioEdu, 10(3), 52-541
Dimyati & Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Fajra, M. A. (2020). Pengembangan Model Evaluasi Kualitas Output Pembelajaran Teknik Komputer Dan Jaringan Di Smk Kota Padang. Cakrawala Pendidikan, 14(1), 1-9.
Greatania I. W., Yuni Sri Rahayu & Sari Kusuma Dewi, (2022). Pengembangan E-LKPD Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Berorientasi Pendekatan Saintifik Untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains. BioEdu. Vol.11 No.3 Tahun 2022.
Isnanto, & Mandarwati A. Hamu. (2022). Hasil Belajar Siswa Ditinjau Dari Gaya Belajar. AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(1), 547-562. DOI: 10.37905/aksara.8.1.547-562.2022.
Maloy, R. W. (2016). Transforming Learning With New Technologies. United State: Pearson.
LKPD Berbasis Guided Discovery Untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Terintegrasi Pada Materi Fotosintesis. Jurnal BioEdu. ISSN: 2302-9528 Vol. 8 No.3.
Novitasari, F., & Puspitawati, R. P. (2022). Pengembangan E-LKPD Berbasis Problem Solvingpada Materi Pertumbuhan dan Perkembangan untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas XII SMA. JIPB: Jurnal Inovasi Pembelajaran Biologi, 3(1), 31-42.
Nugroho, M., Prayitno B., & Masykuri, M. (2018). Pengembangan Modul IPA Berbasis Guided Discovery Learning (GDL) Dengan Tema Fotosintesis Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa SMP/MTs Kelas VIII SMP AI Ma'rufiyah Tempuran. Jurnal Inkuiri, ISSN: 2252- 7893, Vol. 7, No. 1, (hal 151-1).
OECD. (2023). PISA 2022 Results theState of Learning and Equity in Education. Paris: OECD Publishing.
Qomariyah, F. (2015). Pengaruh Hands On-Minds On Activity Terhadap Peningkatan Keterampilan Proses Sains Terintegrasi Siswa SMA. Skripsi. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Riduwan. (2015). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Ruhil Ummu Maulida & Yuliani Yuliani (2023). Lembar Kegiatan Peserta Didik Elektronik (E LKPD) Berbasis Guided Inkuiri: Melatihkan Keterampilan Proses Sains Terintegrasi pada Materi Fotosintesis Kelas XII SMA. BioEdu: Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 12(3), 585–594. DOI surat: 10.26740/bioedu.v12n3.p585 594
Sihafudin, A., & Trimulyono, G. (2020). Validitas dan Keefektifan LKPD Pembuatan Virgin Coconut Oil Secara Enzimatis Berbasis PBL Untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Pada Materi Bioteknologi. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 9(1), 73–79.
Wulandari, N. A., Putra, R. H., & Ramadhan, D. (2019). Analisis keterampilan proses sains siswa melalui penyajian data eksperimen. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 7(1), 35–41. https://doi.org/10.24815/jpsi.v7i1.XXXX
Yuliati, L., & Hidayat, A. (2020). Pengembangan LKPD berbasis blended experiment untuk meningkatkan keterampilan proses sains. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 6(1), 56–66. https://doi.org/10.21831/jipi.v6i1.31225
Abstract views: 377
,
PDF Downloads: 77











