HUBUNGAN ANTARA IKLIM ORGANISASI DENGAN KOMITMEN ORGANISASI PADA GURU DI YAYASAN "X" DI SURABAYA

  • MARTHA WIDYA
  • UMI ANUGERAH IZZATI

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara iklim organisasi dengan komitmen organisasi pada guru di Yayasan “X” di Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini menggunakan 127 guru. Instrumen penelitian ini menggunakan skala iklim organisasi dan skala komitmen organisasi. Tenik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah product moment. Hasil dari analisis data menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara iklim organisasi dengan komitmen organisasi.

Kata Kunci : Iklim Organisasi, Komitmen Organisasi, Guru

Abstract

The purpose of this research is to examine the relationship between organizational climate and organizational commitment of teachers in “X” foundation, Surabaya. This research applies quantitative research method. The subject of this research are 127 teachers of “X” foundation, Surabaya. The Instrument of this research use organizatinal climate scale and organizational commitment scale. Data analysis techniques used in this study using product moment correlation analysis. The result revelaed that there is a positive relation between organizational climate and organizational commitment.

Keywords: Organizational Climate, Organizational Commitment, Teachers
Published
2018-07-20
How to Cite
WIDYA, M., & ANUGERAH IZZATI, U. (2018). HUBUNGAN ANTARA IKLIM ORGANISASI DENGAN KOMITMEN ORGANISASI PADA GURU DI YAYASAN "X" DI SURABAYA. Character Jurnal Penelitian Psikologi, 5(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/character/article/view/24409
Abstract Views: 151
PDF Downloads: 205