HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI DUKUNGAN ORGANISASI DENGAN KOMITMEN ORGANISASI PADA GURU

  • Alma Abidah Sakaluri Universitas Negeri Surabaya
  • Umi Anugerah Izzati Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Sekolah memiliki tujuan yang akan dicapai. Tujuan akan dapat dicapai salah satunya bila guru-guru memiliki komitmen organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi dukungan organisasi dengan komitmen organisasi pada guru. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan analisis korelasional yang menggunakan skala persepsi dukungan organisasi dan skala komitmen organisasi. Subjek yang digunakan dalam  penelitian ini, yaitu guru yang bekerja di salah satu Madrasah Aliyah yang berjumlah 78 orang dengan 30 orang sebagai subjek dalam uji coba dan 48 orang sebagai subjek penelitian. Teknik analisis data yang digunakan, yaitu korelasi pearson product moment dengan bantuan program SPSS 25 for windows. Hasil analisis yang dilakukan menunjukkan bahwa taraf signifikan yaitu sebesar 0,000 (p<0.05) yang memiliki arti bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi dukungan organisasi dengan komitmen organisasi. Nilai koefisien korelasi product moment yang diperoleh dalam penelitian ini, yaitu sebesar 0,945. Hasil tersebut menunjukkan bahwa hubungan antara persepsi dukungan organisasi dnegan komitmen organisasi memiliki hubungan yang sangat kuat. Hasil koefisien korelasi tersebut juga menunjukkan nilai positif yang memiliki arti bahwa hubungan antara kedua variabel searah sehingga apabila variabel persepsi dukungan organisasi memiliki nilai yang tinggi, maka variabel komitmen organisasi juga akan semakin tinggi. Sebaliknya, apabila variabel persepsi dukungan organisasi memiliki nilai yang rendah, maka variabel komitmen organisasi juga akan semakin rendah.

Kata Kunci: persepsi dukungan organisasi, komitmen organisasi, guru

 

Abstract

Schools has goals to be achieved. One of the goals will be achieved if the teachers have organizational commitment. This study aims to determine the relationship between perceived organizational support and organizational commitment to teachers. The research method used is a quantitative method with correlational analysis using a perceived organizational support scale and an organizational commitment scale. The subjects used in this study, namely teachers who work in one Madrasah Aliyah totaling 78 people with 30 people as subjects in the trial and 48 people as research subjects. The data analysis technique used is the Pearson product moment correlation with the help of the SPSS 25 for windows program. The results of the analysis conducted indicate that the significant level is 0.000 (p <0.05) which means that there is a significant relationship between perceived organizational support and organizational commitment. The value of the product moment correlation coefficient obtained in this study is 0.945. These results indicate that the relationship between perceived organizational support and organizational commitment has a very strong relationship. The results of the correlation coefficient also show a positive value which means that the relationship between the two variables is unidirectional so that if the perceived organizational support variable has a high value, the organizational commitment variable will also be higher. On the other hand, if the perceived organizational support variable has a low value, the organizational commitment variable will also be lower.

Keyword: perceived organizational support, organizational commitment.

Published
2021-07-05
How to Cite
Sakaluri, A., & Izzati, U. (2021). HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI DUKUNGAN ORGANISASI DENGAN KOMITMEN ORGANISASI PADA GURU. Character Jurnal Penelitian Psikologi, 8(4), 13-27. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/character/article/view/41136
Abstract Views: 364
PDF Downloads: 370