HUBUNGAN ANTARA KONTROL DIRI DENGAN PERILAKU KONSUMTIF PADA MAHASISWI PSIKOLOGI PENGGUNA E-COMMERCE SHOPEE

  • Dewi Arum Universitas Negeri Surabaya
  • Riza Noviana Khoirunnisa Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Masa pandemic seperti saat ini menjadikan aktivitas jual beli secara online semakin meningkat yang dapat membantu dalam pemenuhan kebutuhan pada individu. Pembelian secara online juga dapat menjadikan munculnya suatu perilaku konsumtif. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan antara kontrol diri dan perilaku konsumtif pada mahasiswi psikologi pengguna E-commerce Shopee. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswi jurusan Psikologi UNESA dengan jumlah sampel 131 mahasiswi. Teknik penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling, dengan menentukan beberapa karakteristik tertentu yang sesuai dengan tujuan penelitian. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis statistik parametrik korelasi Product Moment Pearson. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kontrol diri dengan perilaku konsumtif pada mahasiswi psikologi pengguna e-commerce Shopee, hal ini diketahui berdasarkan nilai signifikansi sebesar 0,00 (p<0,01). Selain itu, diketahui pula nilai koefisien korelasi sebesar -0.633 dengan artian bahwa hubungan antara kedua variabel termasuk kuat dan negatif. Semakin rendah kontrol diri maka semakin tinggi perilaku konsumtif yang dimunculkan.

 

Kata Kunci: Kontrol Diri, Perilaku Konsumtif, E-commerce Shopee.

                                                                                                               

Abstract

The current pandemic period makes online buying and selling activities increasing, which can help individual needs. Online purchases can also lead to the emergence of a consumptive behavior. The purpose of this study was to determine the relationship between self-control and consumptive behavior in psychology students of Shopee E-commerce users. The population used in this study were all female students majoring in Psychology UNESA, with a total sample of 131 female students. The sampling technique in this study used purposive sampling, by determining certain characteristics that were in accordance with the research objectives. The data analysis technique in this study uses a parametric statistical analysis of Pearson's Product Moment Correlation. The results obtained indicate that there is a significant relationship between self-control and consumptive behavior in psychology students of Shopee e-commerce users, this is known based on a significance value of 0.00 (p <0.01). In addition, it is also known that the correlation coefficient value is -0.633, which means that the relationship between the two variables is strong and negative. The lower the self-control, the higher the consumptive behavior that appears.

 

Keywords: Self Control, Consumptive Behavior, E-commerce Shopee

Author Biographies

Dewi Arum, Universitas Negeri Surabaya

Jurusan Psikologi, Fakultas Ilmu Pendidikan.

Riza Noviana Khoirunnisa, Universitas Negeri Surabaya

urusan Psikologi, Fakultas Ilmu Pendidikan

Published
2021-08-02
Abstract Views: 4766
PDF Downloads: 5135