KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS PADA REMAJA PEREMPUAN YANG MELAKUKAN TINDAK PEMBUNUHAN

  • Dayangku Fanny Padillah Universitas Negeri Surabaya
  • Nurchayati Nurchayati Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstract: The purpose of this study is to describe the psychological well-being of a teenage girl who committed a murder. This research applies qualitative case study method. The subject in this study is a teenage girl who killed her own baby. It uses interviews to collect data. Based on analysis narrative, this study reveals that the subject of the study has a fair good psychological well-being which is represented from self-acceptance, positive relationship with others, autonomy or independence, environmental mastery, life goals and personal development.

Keywords: psychological well being, teenager, murderer

 

Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan kesejahteraan psikologis remaja perempuan yang terjerat kasus pembunuhan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatatif studi kasus. Subjek dalam penelitian ini yaitu seorang remaja perempuan yang pernah melakukan tindak pembunuhan. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara. Analisis data menggunakan teknik analisis naratif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa subjek memiliki kesejahteraan psikologis yang cukup baik. Dimensi kesejahteraan psikologis yang terlihat dari diri subjek penerimaan diri, hubungan positif dengan orang lain, otonomi atau kemandirian, penguasaan lingkungan, tujuan hidup dan pengembangan pribadi.

Kata kunci : kesejahteraan psikologis, remaja, pelaku pembunuhan

Published
2022-02-18
How to Cite
Padillah, D., & Nurchayati, N. (2022). KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS PADA REMAJA PEREMPUAN YANG MELAKUKAN TINDAK PEMBUNUHAN. Character Jurnal Penelitian Psikologi, 9(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/character/article/view/44867
Abstract Views: 247