HUBUNGAN ANTARA PEER ATTACHMENT DENGAN REGULASI EMOSI PADA MAHASISWA TINGKAT AKHIR

  • Nabilla Desmasari Kustanto Universitas Negeri Surabaya
  • Riza Noviana Khoirunnisa Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara peer attachment dengan regulasi emosi pada mahasiswa tingkat akhir. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan teknik korelasional yaitu untuk mengetahui sejauh mana variabel bebas berhubungan dengan variabel terikat sehingga dapat menjawab hipotesis yang telah dirumuskan. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah sampel jenuh yaitu semua populasi dijadikan subjek yakni sejumlah 189 mahasiswa jurusan psikologi yang sesuai dengan kriteria subjek penelitian dengan 39 mahasiswa digunakan untuk tryout dan 150 mahasiswa digunakan untuk pengambilan data. Penelitian ini dilakukan menggunakan skala peer attachment dan regulasi emosi yang akan dianalisis dengan menggunakan bantuan aplikasi IBM SPSS 22 for windows. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pearson Product Moment Correlation dengan nilai signifikansi 0,000 (p<0,05) dan nilai koefisien korelasi sebesar 0,525. Hasil tersebut menunjukkan bahwa peer attachment dan regulasi emosi memiliki hubungan positif yang signifikan dengan tingkat keeratan hubungan yang sedang.

Kata Kunci: peer attachment, regulasi emosi, mahasiswa tingkat akhir.

                                                                                                                    

Abstract

This study aims to determine the relationship between peer attachment and emotion regulation in final year students. The method used is a quantitative research method with correlational techniques, namely to determine the extent to which the independent variable is related to the dependent variable so that it can answer the hypothesis that has been formulated. The sampling technique in this study was a saturated sample, that is, all of the population was used as a subject, namely 189 students majoring in psychology according to the criteria of the research subject, 39 students were used for the tryout and 150 students were used for data collection. This research was conducted using a peer attachment scale and emotion regulation which will be analyzed using the IBM SPSS 22 application for windows. Analysis of the data used in this study is the Pearson Product Moment Correlation with a significance value of 0.000 (p <0.05) and a correlation coefficient of 0.525. These results indicate that peer attachment and emotion regulation have a significant positive relationship with a moderate level of closeness.

Keywords: peer attachment, emotion regulation, final-year students.

Published
2022-06-29
How to Cite
Kustanto, N., & Khoirunnisa, R. (2022). HUBUNGAN ANTARA PEER ATTACHMENT DENGAN REGULASI EMOSI PADA MAHASISWA TINGKAT AKHIR. Character Jurnal Penelitian Psikologi, 9(5), 134-142. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/character/article/view/47492
Abstract Views: 465
PDF Downloads: 1044