HUBUNGAN PERSEPSI DUKUNGAN SOSIAL DENGAN EFIKASI DIRI SISWA SEKOLAH “X” DI JAWA TIMUR

  • Aulia Insyia Shufa Universitas Negeri Surabaya
  • Ira Darmawanti Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

 

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat apakah terdapat korelasi antara persepsi dukungan sosial keluarga dengan efikasi diri pada siswa kelas 12 di salah satu sekolah dijawa timur. Dalam karya ini, metode kuantitatif dengan menggunakan  pendekatan korelasi diterapkan. Responden yang berpartisipasi dalam penelitian ini berasal dari siswa kelas 12 sekolah “X” yang berjumlah 252 orang. Strategi sampling jenuh digunakan dalam penelitian ini. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini dirancang oleh peneliti sendiri menggunakan skala dukungan sosial dan skala efikasi diri. Teknik analisis yang digunakan peneliti untuk mencari keterkaitan antara kedua variabel adalah teknik korelasi pearson product moment. Dengan mendapat hasil signifikansi sebesar 000 (p<0,05) dan koefisien korelasi sebesar 0,329, ada korelasinya antara persepsi dukungan sosial keluarga dan efikasi diri. Berdasarkan penalaran di atas, semakin tinggi tingkat dukungan sosial yang ditawarkan, maka efikasi yang dimiliki siswa juga semakin tinggi. Begitu juga sebaliknya, semakin sedikit atau rendah tingkat dukungan sosial yang diberikan, maka efikasi yang dimiliki siswa juga semakin rendah.

Kata kunci : Efikasi diri, dukungan sosial, siswa.

 

 

Abstract

 

The purpose of this study was to see whether there was a correlation between perceptions of family social support and self-efficacy in grade 12 students in a school in East Java. In this work, a quantitative method using a correlation approach is applied. Respondents who participated in this study came from the 12th grade students of school "X" totaling 252 people. Saturated sampling strategy was used in this study. The instrument used in this study was designed by the researcher himself using a social support scale and a self-efficacy scale. The analytical technique used by researchers to find the relationship between the two variables is the Pearson product moment correlation technique. With a significance result of 000 (p<0.05) and a correlation coefficient of 0.329, there is a correlation between perceptions of family social support and self-efficacy. Based on the reasoning above, the higher the level of social support offered, the higher the efficacy of students. Vice versa, the less or lower the level of social support provided, the lower the efficacy of students.

Keywords: self efficacy, social support, students

 

 

Published
2022-06-30
How to Cite
Shufa, A., & Darmawanti, I. (2022). HUBUNGAN PERSEPSI DUKUNGAN SOSIAL DENGAN EFIKASI DIRI SISWA SEKOLAH “X” DI JAWA TIMUR. Character Jurnal Penelitian Psikologi, 8(9). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/character/article/view/48040
Abstract Views: 92
PDF Downloads: 213