Hubungan antara Pemberdayaan Psikologis dengan Perilaku Inovatif pada Guru di Sekolah Menengah Kejuruan
DOI:
https://doi.org/10.26740/cjpp.v10i2.54056Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui adanya hubungan antara pemberdayaan psikologis dengan perilaku inovatif pada guru di Sekolah Menengah Kejuruan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan analisis korelasional. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu guru di Sekolah Menengah Kejuruan X berjumlah 69 orang. Teknik sampling yang digunakan yaitu sampel jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian yaitu instrumen berupa skala ukur psikologis dari pemberdayaan psikologis dan perilaku inovatif. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji korelasi pearson product moment dengan menggunakan bantuan software SPSS 25.0 for windows. Hasil analisis data pada penelitian menunjukkan taraf signifikansi sebesar 0,000 (p<0,05) yang artinya terdapat hubungan yang signifikan antara pemberdayaan psikologis dengan perilaku inovatif. Nilai koefisien korelasi yang didapatkan yaitu sebesar 0,663 (r=0,663) sehingga dapat diartikan bahwa hubungan antara pemberdayaan psikologis dengan perilaku inovatif pada guru termasuk dalam kategori kuat. Semakin tinggi nilai pemberdayaan psikologis, maka semakin tinggi pula perilaku inovatif yang ditampakkan oleh guru. Demikian pula sebaliknya, semakin rendah pemberdayan psikologis, maka akan semakin rendah pula perilaku inovatif pada guru.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
Copyright in any article is held by the author.
The author grants the journal, publication rights with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors may enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., posting it to an institutional repository or publishing it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in an institutional repository or on their website) prior to and during the submission process, as this can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.

