Dukungan Orang Tua pada Remaja Berprestasi Bulutangkis
DOI:
https://doi.org/10.26740/cjpp.v10i03.54272Abstract
Setiap orang tua tentu menginginkan anak tumbuh dewasa dan memiliki prestasi, baik prestasi akademik maupun prestasi non akademik. Untuk itu dibutuhkan keterlibatan orang tua dalam mengarahkan anaknya, terutama pada anak remaja. Remaja merupakan individu yang sedang dalam proses peralihan dari masa kanak-kanak menuju kedewasaan awal, sehingga orang tua berperan penting dalam memberi arahan pada remaja. Salah satu cara yang dapat dilakukan oleh orang tua yaitu dengan memberikan dukungan. Penelitian ini mengulas tentang dukungan orang tua pada remaja berprestasi olahraga bulutangkis dengan metodologi pendekatan fenomenologi kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara semi-terstruktur dengan uji keabsahan data menggunakan member check. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik interpretative phenomenological analysis (IPA). Hasil penelitian ini menunjukkan beberapa dukungan yang diberikan pada remaja yang berprestasi olahraga bulutangkis. Orang tua memberikan dukungan penuh pada anak, beberapa dukungan tersebut adalah dukungan emosional yang melibatkan perilaku memberi perhatian dan kasih sayang, dukungan penghargaan yang berkaitan dengan penilaian yang baik pada remaja, dukungan informasi berupa saran atau umpan balik, dan yang terakhir dukungan instrumental yang berkaitan dengan memberi bantuan secara langsung dapat berupa uang.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
Copyright in any article is held by the author.
The author grants the journal, publication rights with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors may enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., posting it to an institutional repository or publishing it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in an institutional repository or on their website) prior to and during the submission process, as this can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.

