Perbedaan Tingkat Kecerdasan Interpersonal Remaja Akhir Ditinjau dari Persepsi terhadap Kecenderungan Pola Asuh Orang Tua
DOI:
https://doi.org/10.26740/cjpp.v10i03.54694Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan tingkat kecerdasan interpersonal remaja akhir ditinjau dari persepsi terhadap kecenderungan pola asuh orang tua. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan kausal-komparatif. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner yang disusun berdasarkan teori Anderson dalam Safaria (2005) terkait dimensi kecerdasan interpersonal dan teori Ningrum (2016) terkait dimensi pola asuh. Populasi dalam penelitian ini adalah 314 anggota aktif UKM Paduan Suara dan Musik Universitas Negeri Surabaya berusia 17-20 tahun. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling, yang menghasilkan 90 sampel penelitian. Analisis data dilakukan dengan uji one way anova menggunakan aplikasi SPSS 25.0 for windows. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan pada rata-rata tingkat kecerdasan interpersonal remaja akhir ditinjau dari pola asuh orang tua dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
Copyright in any article is held by the author.
The author grants the journal, publication rights with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors may enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., posting it to an institutional repository or publishing it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in an institutional repository or on their website) prior to and during the submission process, as this can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.

