Hubungan antara Self Regulated Learning (SRL) dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI pada Mata Pelajaran Matematika

  • Dannya Indra Mustafa Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini diadakan dengan tujuan untuk mengetahui hubungan antara self regulated learning
(SRL) dengan prestasi belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran matematika. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Jumlah populasi dalam penelitian
ini sebanyak 134 siswa dengan sebanyak 32 siswa sebagai try out dan sisanya 102 siswa sebagai
subjek penelitian. Uji korelasi dalam penelitian ini menggunakan teknik product moment pearson
corelation dan bantuan SPSS 25.0 for Windows. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan skala
self regulated learning. Penelitian ini menunjukkan hasil nilai signifikansi sebesar 0,005 (Sig. < 0,05)
dan nilai korelasi sebesar r = 0,278. Hasil signifikansi tersebut menunjukkan adanya hubungan antara
self regulated learning dengan prestasi belajar matematika. Besarnya nilai hasil uji korelasi,
menunjukkan kategori korelasi yang rendah. Berdasarkan hasil analisis data yang didapatkan, maka
dapat disimpulkan bahwa H1 diterima.

Published
2024-02-28
How to Cite
Mustafa, D. (2024). Hubungan antara Self Regulated Learning (SRL) dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI pada Mata Pelajaran Matematika. Character Jurnal Penelitian Psikologi, 11(1), 67-82. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/character/article/view/58771
Abstract Views: 10
PDF Downloads: 36