Peran Self Regulated Learning dalam Meningkatkan Prestasi Akademik pada Mahasiswa

Authors

  • Elok Faiqoh Maulidiyah Universitas Negeri Surabaya
  • Muflihatul Hidayah Universitas Negeri Surabaya
  • Annisaus Sholikhah Universitas Negeri Surabaya
  • Dien Amrina Rasyada Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/cjpp.v11n2.p996-1008

Keywords:

Self regulated learning, Prestasi akademik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh self regulated learning terhadap prestasi akademik pada mahasiswa. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dan penentuan sampel populasi yang digunakan yaitu teknik simple random sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan penyebaran angket dan dokumentasi arsip. Analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi sederhana. Skala variabel self regulated learning berisi 35 item, sedangkan untuk variabel prestasi akademik menggunakan nilai IPK pada semester terakhir. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh self regulated learning terhadap prestasi akademik mahasiswa universitas X. Kedua variabel tersebut memiliki hubungan yang positif, dimana semakin tinggi hasil skor variabel self regulated learning, maka semakin tinggi juga nilai prestasi akademik yang dimiliki oleh mahasiswa. Implikasi dari penelitian ini telah menunjukkan bahwa self regulated learning mahasiswa di universitas X sudah baik sesuai dengan data yang diperoleh tetapi dalam hal ini tantangannya adalah mempertahankan atau meningkatkan prestasi akademik seiring dengan pertambahan semester karena self regulated learning yang dimiliki mahasiswa bisa terus berubah. Untuk mengatasi hal tersebut, maka diperlukan kesadaran diri lebih lanjut lagi dari mahasiswa dalam meregulasi diri saat proses belajar secara kontinyu sehingga dapat mempertahankan bahkan meningkatkan prestasi akademik yang dimiliki.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-05-17

How to Cite

Maulidiyah, E. F., Hidayah, M., Sholikhah, A., & Rasyada, D. A. (2024). Peran Self Regulated Learning dalam Meningkatkan Prestasi Akademik pada Mahasiswa. Character Jurnal Penelitian Psikologi, 11(2), 996–1008. https://doi.org/10.26740/cjpp.v11n2.p996-1008
Abstract views: 844 , PDF Downloads: 511

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.