Peran Self Regulated Learning dalam Meningkatkan Prestasi Akademik pada Mahasiswa
DOI:
https://doi.org/10.26740/cjpp.v11n2.p996-1008Keywords:
Self regulated learning, Prestasi akademikAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh self regulated learning terhadap prestasi akademik pada mahasiswa. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dan penentuan sampel populasi yang digunakan yaitu teknik simple random sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan penyebaran angket dan dokumentasi arsip. Analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi sederhana. Skala variabel self regulated learning berisi 35 item, sedangkan untuk variabel prestasi akademik menggunakan nilai IPK pada semester terakhir. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh self regulated learning terhadap prestasi akademik mahasiswa universitas X. Kedua variabel tersebut memiliki hubungan yang positif, dimana semakin tinggi hasil skor variabel self regulated learning, maka semakin tinggi juga nilai prestasi akademik yang dimiliki oleh mahasiswa. Implikasi dari penelitian ini telah menunjukkan bahwa self regulated learning mahasiswa di universitas X sudah baik sesuai dengan data yang diperoleh tetapi dalam hal ini tantangannya adalah mempertahankan atau meningkatkan prestasi akademik seiring dengan pertambahan semester karena self regulated learning yang dimiliki mahasiswa bisa terus berubah. Untuk mengatasi hal tersebut, maka diperlukan kesadaran diri lebih lanjut lagi dari mahasiswa dalam meregulasi diri saat proses belajar secara kontinyu sehingga dapat mempertahankan bahkan meningkatkan prestasi akademik yang dimiliki.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
Copyright in any article is held by the author.
The author grants the journal, publication rights with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors may enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., posting it to an institutional repository or publishing it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in an institutional repository or on their website) prior to and during the submission process, as this can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.

