Pengaruh Music Mnemonic Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial
DOI:
https://doi.org/10.26740/cjpp.v12n01.p62-73Keywords:
Hasil belajar, mnemonik musik, siswaAbstract
Untuk mengatasi kendala dalam proses belajar, penting untuk menciptakan sinergi dalam merancang metode pembelajaran yang interaktif dan menarik. Mnemonik musik adalah prosedur pembelajaran yang mengintegrasikan informasi ke dalam sebuah lagu dengan tujuan membantu siswa mengingat dan memahami informasi tersebut. Penelitian ini melibatkan 28 siswa kelas empat di SD Negeri Gading Surabaya yang dibagi menjadi kelompok eksperimen (N=14) dan kelompok kontrol (N=14). Hasil penelitian menunjukkan metode mnemonik musik menunjukkan dampak signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Berdasarkan akumulasi skor pre-test dan post-test, kelompok eksperimen yang menerima pembelajaran dengan metode mnemonik musik memperoleh rata-rata skor post-test sebesar 77,50, lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok kontrol yang memeroleh skor rata-rata sebesar 53,21. Uji hipotesis lebih lanjut memperkuat temuan ini dengan menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan secara statistik. Hasil wawancara menunjukkan penggunaan mnemonik musik mempengaruhi siswa untuk merasa lebih bersemangat dan bahagia karena pembelajaran berbasis musik dirasa lebih menarik dan memudahkan siswa mengingat materi. Berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa metode mnemonik musik berpengaruh secara signifikan dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas empat di SD Negeri Gading Surabaya.
Downloads
References
Atimi, N. D., Ningsih, A. N. M., & Lestari, E. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dan Retensinya Menggunakan Metode Mnemonics. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 6(2), 107–117. https://doi.org/10.30605/jsgp.6.2.2023.2661
Azzahra, Z., & Sya, M. F. (2023). Musik Mnemonic dan Kartu Bergambar dalam Pemerolehan Kosakata Bahasa Inggris Bagi Siswa Sekolah Dasar. Karimah Tauhid, 2(2), 498–503.
Chen, I. S. J. (2020). Music as a Mnemonic Device for Foreign Vocabulary Learning. English Teaching and Learning, 44(4), 377–395. https://doi.org/10.1007/s42321-020-00049-z
Drushlyak, M. G., Semenikhina, O. V., Proshkin, V. V., & Sapozhnykov, S. V. (2021). Training pre-service mathematics teacher to use mnemonic techniques. Journal of Physics: Conference Series, 1840(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1840/1/012006
Fakhri, N., Agussalim, A. A., Faridah, B. W., Mardatillah, F., & Abshar, S. A. (2023). Pengaruh Intervensi Musik mnemonik Terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Siswa SD. Jurnal Minfo Polgan, 12(1), 211–216. https://doi.org/10.33395/jmp.v12i1.12353
Ferreri, L., & Rodriguez-Fornells, A. (2022). Memory modulations through musical pleasure. Annals of the New York Academy of Sciences, 1516(1), 5–10. https://doi.org/10.1111/nyas.14867
Azzahra, Z., & Sya, M. F. (2023). Musik Mnemonic dan Kartu Bergambar dalam Pemerolehan Kosakata Bahasa Inggris Bagi Siswa Sekolah Dasar. Karimah Tauhid, 2(2), 498–503.
Chen, I. S. J. (2020). Music as a Mnemonic Device for Foreign Vocabulary Learning. English Teaching and Learning, 44(4), 377–395. https://doi.org/10.1007/s42321-020-00049-z
Drushlyak, M. G., Semenikhina, O. V., Proshkin, V. V., & Sapozhnykov, S. V. (2021). Training pre-service mathematics teacher to use mnemonic techniques. Journal of Physics: Conference Series, 1840(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1840/1/012006
Fakhri, N., Agussalim, A. A., Faridah, B. W., Mardatillah, F., & Abshar, S. A. (2023). Pengaruh Intervensi Musik mnemonik Terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Siswa SD. Jurnal Minfo Polgan, 12(1), 211–216. https://doi.org/10.33395/jmp.v12i1.12353
Ferreri, L., & Rodriguez-Fornells, A. (2022). Memory modulations through musical pleasure. Annals of the New York Academy of Sciences, 1516(1), 5–10. https://doi.org/10.1111/nyas.14867
Hurlock, E. B. (1989). Child development. McGraw-Hill.
Jannah, R., & Rosnawati. (2018). Keefektifan Pembelajaran Matematika Menggunakan Teknik Mnemonic Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Xi Sma. Jurnal Pedagogi Matematika, 7(3), 1–11. https://doi.org/10.21831/jpm.v7i3.10762
Juniah, J., & Zinnurain, Z. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Mnemonik Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Teknologi Pendidikan: Jurnal …, 4, 38–46. https://doi.org/10.33394/jtp.v4i2.2246
Khairuddin, N. S., Mailok, R., & Azizan, U. H. (2023). The Effect of Using Visual Mnemonics on Long-term Memory Retention for Subject of History. 2014, 56–66. https://doi.org/10.37134/jictie.vol10.1.5.2023
Ong, J. H., & Chan, A. H. D. (2023). Working memory modulates the effect of music on word learning. Language and Cognition, 15(1), 131–147. https://doi.org/10.1017/langcog.2022.29
Ourba, V. A., Siahaan, T. M., & Sianturi, C. L. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (Gi) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Negeri 122332 Pematang Siantar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(1), 5521–5532. https://doi.org/10.31004/innovative.v4i1.8502
Ruth, A. A. (2024). Striking a (vocal) chord: musical instruments as mnemonic devices when teaching the functional anatomy of the larynx. Advances in Physiology Education, 48(2), 284–287. https://doi.org/10.1152/advan.00070.2023
Simbolon, M. E., Borolla, F. V., Prasrihamni, M., & Supena, A. (2022). Mnemonic Techniques in Slow Learner Student Learning in Elementary School. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 8(2), 470. https://doi.org/10.33394/jk.v8i2.5143
Sofologi, M., Papatzikis, E., Kougioumtzis, G., Kosmidou, E., Klitsioti, A., Droutme, A., Sourbi, A. A., Chrisostomou, D., & Efstratopoulou, M. (2022). Effectiveness of Musical Training on Reading Comprehension in Elementary School Children. Is There an Associative Cognitive Benefit? Frontiers in Education, 7(July). https://doi.org/10.3389/feduc.2022.875511
Verdianingsih, E. (2020). Strategi Mnemonic Dalam Pembelajaran Matematika. EDUSCOPE: Jurnal Pendidikan, Pembelajaran, dan Teknologi, 6(1), 78–85. https://doi.org/10.32764/eduscope.v6i1.879
Wanke, R., & Santarcangelo, V. (2021). Memory as the Aspatial Domain for the Perception of Certain Genres of Contemporary Art Music. Music and Science, 4, 1–18. https://doi.org/10.1177/2059204321997658
Winoto, E. N. (2017). Pengaruh Intervensi Music Mnemonic dan Kartu Bergambar Terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Siswa Kelas 4 SD. Calyptra: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, 6(2), 1642–1653
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Rakasiwy, Faturrochman, Sulistyowati, Octavia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
Copyright in any article is held by the author.
The author grants the journal, publication rights with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors may enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., posting it to an institutional repository or publishing it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in an institutional repository or on their website) prior to and during the submission process, as this can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.

