Pengaruh Music Mnemonic Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial

Authors

  • Rakasiwy Universitas Negeri Surabaya
  • Faturrochman Universitas Negeri Surabaya
  • Sulistyowati Universitas Negeri Surabaya
  • Octavia 17 August 1945 University Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/cjpp.v12n01.p62-73

Keywords:

Hasil belajar, mnemonik musik, siswa

Abstract

Untuk mengatasi kendala dalam proses belajar, penting untuk menciptakan sinergi dalam merancang metode pembelajaran yang interaktif dan menarik. Mnemonik musik adalah prosedur pembelajaran yang mengintegrasikan informasi ke dalam sebuah lagu dengan tujuan membantu siswa mengingat dan memahami informasi tersebut. Penelitian ini melibatkan 28 siswa kelas empat di SD Negeri Gading Surabaya yang dibagi menjadi kelompok eksperimen (N=14) dan kelompok kontrol (N=14). Hasil penelitian menunjukkan metode mnemonik musik menunjukkan dampak signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Berdasarkan akumulasi skor pre-test dan post-test, kelompok eksperimen yang menerima pembelajaran dengan metode mnemonik musik memperoleh rata-rata skor post-test sebesar 77,50, lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok kontrol yang memeroleh skor rata-rata sebesar 53,21. Uji hipotesis lebih lanjut memperkuat temuan ini dengan menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan secara statistik. Hasil wawancara menunjukkan penggunaan mnemonik musik mempengaruhi siswa untuk merasa lebih bersemangat dan bahagia karena pembelajaran berbasis musik dirasa lebih menarik dan memudahkan siswa mengingat materi. Berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa metode mnemonik musik berpengaruh secara signifikan dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas empat di SD Negeri Gading Surabaya.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Faturrochman, Universitas Negeri Surabaya

Aydin Farrelyno Faturrochman is a student of the psychology program at the State University of Surabaya.

Sulistyowati, Universitas Negeri Surabaya

Jane Aquamarin Widya Sulistyowati s a student of the psychology program at the State University of Surabaya.

Octavia, 17 August 1945 University Surabaya

Yessi Octavia is a student of the psychology program at the 17 August 1945 University Surabaya.

References

Atimi, N. D., Ningsih, A. N. M., & Lestari, E. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dan Retensinya Menggunakan Metode Mnemonics. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 6(2), 107–117. https://doi.org/10.30605/jsgp.6.2.2023.2661

Azzahra, Z., & Sya, M. F. (2023). Musik Mnemonic dan Kartu Bergambar dalam Pemerolehan Kosakata Bahasa Inggris Bagi Siswa Sekolah Dasar. Karimah Tauhid, 2(2), 498–503.

Chen, I. S. J. (2020). Music as a Mnemonic Device for Foreign Vocabulary Learning. English Teaching and Learning, 44(4), 377–395. https://doi.org/10.1007/s42321-020-00049-z

Drushlyak, M. G., Semenikhina, O. V., Proshkin, V. V., & Sapozhnykov, S. V. (2021). Training pre-service mathematics teacher to use mnemonic techniques. Journal of Physics: Conference Series, 1840(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1840/1/012006

Fakhri, N., Agussalim, A. A., Faridah, B. W., Mardatillah, F., & Abshar, S. A. (2023). Pengaruh Intervensi Musik mnemonik Terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Siswa SD. Jurnal Minfo Polgan, 12(1), 211–216. https://doi.org/10.33395/jmp.v12i1.12353

Ferreri, L., & Rodriguez-Fornells, A. (2022). Memory modulations through musical pleasure. Annals of the New York Academy of Sciences, 1516(1), 5–10. https://doi.org/10.1111/nyas.14867

Azzahra, Z., & Sya, M. F. (2023). Musik Mnemonic dan Kartu Bergambar dalam Pemerolehan Kosakata Bahasa Inggris Bagi Siswa Sekolah Dasar. Karimah Tauhid, 2(2), 498–503.

Chen, I. S. J. (2020). Music as a Mnemonic Device for Foreign Vocabulary Learning. English Teaching and Learning, 44(4), 377–395. https://doi.org/10.1007/s42321-020-00049-z

Drushlyak, M. G., Semenikhina, O. V., Proshkin, V. V., & Sapozhnykov, S. V. (2021). Training pre-service mathematics teacher to use mnemonic techniques. Journal of Physics: Conference Series, 1840(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1840/1/012006

Fakhri, N., Agussalim, A. A., Faridah, B. W., Mardatillah, F., & Abshar, S. A. (2023). Pengaruh Intervensi Musik mnemonik Terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Siswa SD. Jurnal Minfo Polgan, 12(1), 211–216. https://doi.org/10.33395/jmp.v12i1.12353

Ferreri, L., & Rodriguez-Fornells, A. (2022). Memory modulations through musical pleasure. Annals of the New York Academy of Sciences, 1516(1), 5–10. https://doi.org/10.1111/nyas.14867

Hurlock, E. B. (1989). Child development. McGraw-Hill.

Jannah, R., & Rosnawati. (2018). Keefektifan Pembelajaran Matematika Menggunakan Teknik Mnemonic Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Xi Sma. Jurnal Pedagogi Matematika, 7(3), 1–11. https://doi.org/10.21831/jpm.v7i3.10762

Juniah, J., & Zinnurain, Z. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Mnemonik Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Teknologi Pendidikan: Jurnal …, 4, 38–46. https://doi.org/10.33394/jtp.v4i2.2246

Khairuddin, N. S., Mailok, R., & Azizan, U. H. (2023). The Effect of Using Visual Mnemonics on Long-term Memory Retention for Subject of History. 2014, 56–66. https://doi.org/10.37134/jictie.vol10.1.5.2023

Ong, J. H., & Chan, A. H. D. (2023). Working memory modulates the effect of music on word learning. Language and Cognition, 15(1), 131–147. https://doi.org/10.1017/langcog.2022.29

Ourba, V. A., Siahaan, T. M., & Sianturi, C. L. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (Gi) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Negeri 122332 Pematang Siantar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(1), 5521–5532. https://doi.org/10.31004/innovative.v4i1.8502

Ruth, A. A. (2024). Striking a (vocal) chord: musical instruments as mnemonic devices when teaching the functional anatomy of the larynx. Advances in Physiology Education, 48(2), 284–287. https://doi.org/10.1152/advan.00070.2023

Simbolon, M. E., Borolla, F. V., Prasrihamni, M., & Supena, A. (2022). Mnemonic Techniques in Slow Learner Student Learning in Elementary School. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 8(2), 470. https://doi.org/10.33394/jk.v8i2.5143

Sofologi, M., Papatzikis, E., Kougioumtzis, G., Kosmidou, E., Klitsioti, A., Droutme, A., Sourbi, A. A., Chrisostomou, D., & Efstratopoulou, M. (2022). Effectiveness of Musical Training on Reading Comprehension in Elementary School Children. Is There an Associative Cognitive Benefit? Frontiers in Education, 7(July). https://doi.org/10.3389/feduc.2022.875511

Verdianingsih, E. (2020). Strategi Mnemonic Dalam Pembelajaran Matematika. EDUSCOPE: Jurnal Pendidikan, Pembelajaran, dan Teknologi, 6(1), 78–85. https://doi.org/10.32764/eduscope.v6i1.879

Wanke, R., & Santarcangelo, V. (2021). Memory as the Aspatial Domain for the Perception of Certain Genres of Contemporary Art Music. Music and Science, 4, 1–18. https://doi.org/10.1177/2059204321997658

Winoto, E. N. (2017). Pengaruh Intervensi Music Mnemonic dan Kartu Bergambar Terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Siswa Kelas 4 SD. Calyptra: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, 6(2), 1642–1653

Downloads

Published

2025-01-30

How to Cite

Rakasiwy, M. R. P., Faturrochman, A. F., Sulistyowati, J. A. W., & Octavia, Y. (2025). Pengaruh Music Mnemonic Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial . Character Jurnal Penelitian Psikologi, 12(01), 62–73. https://doi.org/10.26740/cjpp.v12n01.p62-73
Abstract views: 70 , PDF Downloads: 61

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.