Pengembangan Alat Peraga Sub Materi Perpindahan Kalor secara Radiasi untuk Menunjang Pembelajaran Fisika
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan kelayakan ditinjau dari aspek kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan alat peraga sub materi perpindahan kalor secara radiasi untuk menunjang pembelajaran fisika. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan model ADDIE.Tahapan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Pada uji coba menggunakan desain penelitian one group pre-test post-test design dengan 1 kelas eksperimen dan 2 kelas replikasi. Kelayakan alat peraga ditinjau dari aspek validitas, keefektifan, dan kepraktisan. Kelayakan alat peraga ditinjau dari aspek validitas mendapatkan hasil penilaian validator sebesar 93,33% dengan interpretasi sangat valid. kelayakan dari aspek keefektifan ditinjau dari ketuntasan hasil belajar peserta didik di tiga kelas secara berturut-turut adalah 100%,91,67%, dan 97,22% dengan interpretasi sangat baik. Kelayakan alat peraga dari aspek kepraktisan ditinjau dari respon peserta didik di tiga kelas yang mendapatkan respon positif sebesar 98,26%, 95,26%, dan 97,22% bengan interpretasi sangat praktis. Dapat disimpulkan bahwa alat peraga sub materi perpindahan kalor secara radiasi yang dikembangkan ini telah layak digunakan sebagai penunjang kegiatan pembelajaran fisika.
Kata Kunci : pengembangan alat peraga, media pembelajaran, perpindahan kalor secara radiasi.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License (CC BY-NC 4.0).
Authors retain the copyright and full publishing rights of their articles without restriction. By submitting and publishing in this journal, the author grants the journal the non-exclusive right to publish and distribute the article, provided that proper attribution is given and the use is non-commercial.
To view a copy of this license, visit https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

