Pengembangan Alat Praktikum Gaya Lorentz sebagai Media Pembelajaran Fisika

  • ADI CAHYONO
  • PRABOWO

Abstract

Tujuan dari riset ini yaitu menghasilkan alat praktikum gaya Lorentz sebagai media pembelajaran fisika. Metode penelitian yang digunakan yaitu jenis penelitian pengembangan dengan model 4D. Alat praktikum yang dikembangkan diujicobakan secara terbatas di Laboratorium Fisika Dasar UNESA selanjutnya uji coba secara luas dilakukan di MBI Amanataul Ummah dengan menggunakan rancangan penelitian “One Group Pre-test and Post-test Design” dengan tiga kelas replikasi. Data hasil penelitian ini berupa validitas alat praktikum sebesar 86,70% dengan kategori sangat layak digunakan. Adapun ketuntasan hasil belajar peserta didik sebesar 94,32% dari 88 peserta didik yang tersebar dalam tiga kelas. Berdasarkan hasil analisis lembar evaluasi hasil belajar peserta didik untuk mengetahui tingkat kenaikan nilai ranah kognitif peserta didik didapatkan nilai gain sebesar 0,69 yang tergolong pada kategori sedang. Sedangkan untuk respon peserta didik didapatkan respon yang sangat positif dengan presentase 91,67%. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa alat praktikum gaya Lorentz sangat layak untuk digunakan sebagai penunjang dalam pembelajaran fisika pada pokok bahasan gaya Lorentz.Kata Kunci : alat praktikum, gaya Lorentz, validitas.
Published
2018-07-10
Section
Articles
Abstract Views: 776
PDF Downloads: 2371