PENGEMBANGAN ALAT PERCOBAAN TUMBUKAN SEBAGAI PENUNJANG PEMBELAJARAN FISIKA MATERI MOMENTUM UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS

  • NOVITA ARUM SARI
  • PRABOWO

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan alat percobaan tumbukan sebagai penunjang pembelajaran fisika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan model ADDIE dengan tahapan Analysis (analisis), Design (rancangan), Development (realisasi), Implementation (implementasi), dan Evaluation (evaluasi). Alat percobaan yang dikembangkan diujicobakan kepada peserta didik kelas X di SMA Negeri 12 Surabaya menggunakan rancangan penelitian “One Group Pre-test Post-test Design” dengan tiga kelas eksperimen. Data hasil penelitian ini berupa validitas alat percobaan sebesar 88,34% dengan kategori layak digunakan dalam pembelajaran. Adapun ketuntasan hasil belajar peserta didik sebesar 95,19% dari 104 peserta didik yang tersebar dalam tiga kelas. Berdasarkan hasil analisis pre-test dan post-test untuk mengetahui kenaikan ranah kognitif peserta didik didapatkan nilai gain sebesar 0,64 yang tergolong dalam kategori sedang. Untuk respon peserta didik didapatkan respon yang baik dengan presentase 76,79%. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa alat percobaan tumbukan telah layak digunakan sebagai media penunjang pembelajaran fisika materi momentum.

Kataikunci: tumbukan, validitas, pre-test, post-test

Published
2019-07-01
Section
Articles
Abstract Views: 58
PDF Downloads: 90