PENGEMBANGAN ALAT PERAGA VISKOSITAS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY DI SMA

  • SITI NURVITASARI
  • PRABOWO

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu menghasilkan alat peraga viskositas sebagai media pembelajaran fisika. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan dengan model 4D dengan tahapan meliputi Define (pendefinisan), Design (Perencanaan), Develop (Pengembangan), dan Disseminate (Penyebaran). Alat peraga yang dikembangkan diujicobakan menggunakan uji validitas teoritis dan validitas empiris. Uji validitas teoritis diperoleh dari hasil penilaian ahli dan Uji validitas empiris diperoleh dari hasil ujicoba kepada peserta didik kelas XI di SMA Negeri 1 Ngimbang dengan menggunakan “One Group Pre-test Post-test Design” dengan tiga kelas eksperimen. Data hasil penelitian ini berupa kelayakan alat peraga sebesar 95,38% dengan kategori sangat layak digunakan. Adapun ketuntasan hasil belajar peserta didik sebesar 97,22% dari 108 peserta didik yang tersebar dalam tiga kelas. Sedangkan untuk respon peserta didik didapatkan respon yang sangat positif dengan persentase 90,30%. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa alat peraga viskositas telah layak digunakan sebagai media pembelajaran fisika materi fluida statis sub materi viskositas dan hukum stokes.

Kata kunci: Alat Peraga, Viskositas, Pre-test, Post-test



Published
2019-05-23
Section
Articles
Abstract Views: 264
PDF Downloads: 316