PENGEMBANGAN ALAT PERAGA RIPPLE TANK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA PADA MATERI GELOMBANG MEKANIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK

  • ARINAL HAQQO
  • PRABOWO

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, keefektifan alat peraga ripple tank sebagai media pembelajaran fisika pada materi gelombang mekanik dan respon peserta didik terhadap pembelajaran fisika.Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model penelitian ADDIE. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) tingkat validitas alat peraga yang dikembangkan sebagai media pembelajaran fisika memiliki rata-rata presentase sebesar 87,9% dengan kriteria “sangat layak”. (2) tingkat kepraktisan alat peraga yang dikembangkan sebagai media pembelajaran fisika yang diperoleh dari keterlaksanaan pembelajaran diperoleh rata-rata persentase sebesar 83,3% dengan kriteria “sangat praktis” dan hasil respon peserta didik setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan alat peraga ripple tank mendapat rata-rata persentase sebesar 93,29%. Hal ini menunjukkan respon peserta didik sangat positif (3) tingkat keefektifan alat peraga yang dikembangkan sebagai media pembelajaran fisika berdasarkan hasil belajar peserta didik dan respon peserta didik. Hasil belajar meliputi aspek pengetahuan, keterampilan dan sikap.. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa secara umum alat peraga ripple tank yang dikembangkan telah layak digunakan sebagai media pembelajaran fisika pada materi gelombang mekanik.

Kata kunci : alat peraga, media pembelajaran, gelombang mekanik, hasil belajar

Published
2018-07-24
Section
Articles
Abstract Views: 171
PDF Downloads: 135