PENGEMBANGAN ALAT PERAGA KOEFISIEN GESEK SEBAGAI PENUNJANG KEGIATAN PEMBELAJARAN MATERI HUKUM NEWTON TENTANG GERAK
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan alat peraga koefisien gesek sebagai penunjang kegiatan pembelajaran materi hukum Newton tentang gerak. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE. Sampel pada penelitian ini ditentukan menggunakan random sampling dan didapatkan kelas X MIA 2, X MIA 5 dan X MIA 6 SMA Negeri 1 Bangsal, Mojokerto. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) tingkat validitas alat peraga koefisien gesek yang dikembangkan pada penelitian ini dalam kriteria sangat layak. (2) Hasil belajar peserta didik pada aspek pengetahuan setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan alat peraga koefisien gesek meningkat dengan kategori tinggi, dan seluruh peserta didik dinyatakan tuntas. (3) Hasil respons peserta didik setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan alat peraga koefisien gesek mendapatkan respon sangat positif.
Kata kunci: pengembangan, alat peraga, koefisien gesek, hukum Newton.PDF Downloads: 131