PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI GETARAN HARMONIK SEDERHANA

  • YUHANA PRASIWI
  • SULIYANAH

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan Lembar Kerja Peserta Didik untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis pada materi getaran harmonik sederhana. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan menggunakan model pengembangan ADDIE. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan telah layak digunakan ditinjau dari validitas, kepraktisan, dan keefektifan. Validitas LKPD yang telah dikembangkan berada pada kategori valid dengan rata-rata persentase sebesar 86,8%. LKPD yang telah dikembangkan memenuhi kriteria praktis dengan modus persentase keterlaksanaan pembelajaran dan aktivitas peserta didik sebesar 100% dengan kriteria terlaksana sangat baik. LKPD memenuhi kriteria efektif dengan persentase respons peserta didik sebesar 92,6% dan termasuk dalam kategori sangat baik. LKPD yang dikembangkan dapat melatihkan keterampilan berpikir kritis yang dibuktikan dari nilai rata-rata n-gain sebesar 0,59 yang berada pada kategori sedang. Dengan demikian, LKPD yang telah dikembangkan layak digunakan untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Kata kunci: LKPD, berpikir kritis, Getaran Harmonik Sederhana
Abstract This study aims to describe the feasibility of the student worksheet that has been developed to train critical thinking skill at the material simple harmonic vibration. This study is a development research using ADDIE research model. The results showed that student worksheet have been worthy of use in term of validity, practicality, and effectiveness. The validity of the student worksheet that has developed a very valid in the category with an average percentage of 86,8%. The student worksheet that have been developed meet practical criteria with implemented learning and student activity percentage mode 100%, and has the criteria mode excellent executed. The student worksheet meet the criteria effectively with percentage of a student’s response amounted to 92,6% and included the exellent category. The student worksheet that have been developed can train critical thinking skill, this is evidence from the average value of n-gain of 0,59 which is the medium category. This, student worksheet that have been developed is feasible to be use train student’s critical thinking skill. Keywords: student worksheet, critical thinking, simple harmonic vibration.


Published
2018-07-04
Section
Articles
Abstract Views: 53
PDF Downloads: 48