PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN METODE GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERTANYA PESERTA DIDIK
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan hasil penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan metode Giving Question and Getting Answer untuk melatihkan keterampilan bertanya peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah true eksperimental dengan desain Control Group Pretest-Posttest. Penelitian menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol yang dipilih melalui purposive sample. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan metode Giving Question and Getting Answer terlaksana dengan baik, (2) hasil keterampilan bertanya peserta didik pada kelas eksperimen memiliki kriteria sedang, (3) hasil belajar peserta didik kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol, (4) respon peserta didik terhadap model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan metode Giving Question and Getting Answer menujukkan respon positif dengan kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan metode Giving Question and Getting Answer dapat melatihkan keterampilan bertanya peserta didik.Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
13-08-2018
How to Cite
AYU WARDANI, D., & SULIYANAH. (2018). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN METODE GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERTANYA PESERTA DIDIK. IPF: Inovasi Pendidikan Fisika, 7(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inovasi-pendidikan-fisika/article/view/25241
Issue
Section
Articles

