Validitas Perangkat Pembelajaran Fisika Model Predict-Observe-Explain (POE) untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik

  • NURRAHMA DWI LESTARI
  • SULIYANAH

Abstract

Perangkat pembelajaran merupakan suatu hal yang harus disiapkan oleh guru sebelum melaksanakan pembelajaran. Sebelum perangkat pembelajaran layak digunakan, maka perlu dilakukan validasi. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan validitas perangkat pembelajaran fisika model Predict-Observe-Explain (POE) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Perangkat pembelajaran yang dideskripsikan diantaranya adalah silabus, RPP, handout, LKPD, dan lembar evaluasi. Materi yang digunakan adalah optik geometri sub pemantulan dan pembiasan cahaya. Penelitian dilakukan di Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Surabaya pada semester genap 2019/2020. Teknik analisis data dianalisis secara dekriptif-kuantitatif dengan menggambarkan dan memaparkan penilaian dalam persentase. Kelayakan perangkat pembelajaran ditinjau dari aspek validitas dan reliabilitas. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar validasi yang dinilai oleh dua dosen ahli dari jurusan Fisika UNESA. Data lembar validasi dianalisis menggunakan skala Likert dan reliabilitas dianalisis menggunakan rumus percentage of agreement. Hasil penelitian menunjukkan persentase validitas silabus sebesar 87,50% dengan kategori sangat valid, persentase validitas RPP sebesar 93,13% dengan kategori sangat valid, validitas handout sebesar 78,13% dengan kategori valid, validitas LKPD sebesar 89,58% dengan kategori sangat valid, dan validitas lembar evaluasi sebesar 91,67% dengan kategori sangat valid. Reliabilitas perangkat pembelajaran pada kriteria reliabel dengan persentase reliabilitas silabus sebesar 92,06%, RPP sebesar 95%, handout 95%, LKPD 92,80%, dan lembar evaluasi 90,48%. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh dapat dinyatakan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan layak digunakan dengan kriteria valid dan reliabel.

Kata kunci: Validitas, Perangkat pembelajaran, keterampilan berpikir kritis, model POE


Published
2020-06-09
Section
Articles
Abstract Views: 83
PDF Downloads: 141