Pengembangan Buku Ajar Berbasis Collaborative Learning Materi Kinematika Gerak Lurus untuk Peserta Didik SMA

Authors

  • ANISHA WULANDARI
  • SULIYANAH

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan buku ajar berbasis collaborative learning materi kinematika gerak lurus untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik SMA yang layak secara teoritis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model penelitian ADDIE yaitu Analyse, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Hasil penelitian menunjukkan hasil rata-rata penilaian kevalidan buku ajar (draft III) yang telah dibuat adalah sebesar 81,6% termasuk dalam kategori valid dan layak digunakan. Hal tersebut menurut Riduwan (2015) menunjukkan kategori valid (71% - 85%). Selain itu menurut Nieveen (1999) suatu produk pendidikan dikatakan valid yaitu dengan melihat dari keterkaitannya, serta mempertimbangkan tujuan dari pengembangan produk tersebut. Buku ajar berbasis collaborative learning telah memuat kriteria menurut Nieveen (1999) dan Riduwan (2015). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa buku ajar berbasis collaborative learning dinyatakan valid dan dapat diuji cobakan ke sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

10-05-2019

How to Cite

WULANDARI, A., & SULIYANAH. (2019). Pengembangan Buku Ajar Berbasis Collaborative Learning Materi Kinematika Gerak Lurus untuk Peserta Didik SMA. IPF: Inovasi Pendidikan Fisika, 8(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inovasi-pendidikan-fisika/article/view/27470

Issue

Section

Articles
Abstract views: 78 , PDF Downloads: 92

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>