PENGEMBANGAN BUKU AJAR FISIKA SMA UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI SUHU DAN KALOR
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan buku ajar fisika sebagai penunjang pembelajaran untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis yang layak, berdasarkan kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model penelitian ADDIE. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Hasil validitas buku ajar sebagai penunjang pembelajaran yang dikembangkan memiliki rata-rata persentase 98,5% ditinjau dari kesesuaian materi diperoleh persentase 97,35% dengan kriteria sangat valid. 2) Hasil analisis kepraktisan ditinjau dari segi keterlaksanaan pembelajaran menunjukkan persentase 87,5% dengan kriteria sangat praktis. 3) Hasil analisis keefektifan ditinjau dari pengamatan keterampilan berpikir kritis menunjukkan persentase 87% dengan kriteria efektif dan analisis angket respon perserta didik menunjukkan persentase 94,44% dengan kriteria efektif. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa buku ajar fisika sebagai penunjang pembelajaran untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis pada materi suhu dan kalor yang telah dikembangkan layak digunakan dalam melatihkan keterampilan berpikir kritis peserta didik SMA.
Kata kunci : Buku ajar fisika, Keterampilan Berpikir Kritis.
PDF Downloads: 36