PENERAPAN MODEL LEARNING CYCLE 7E UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK SMA PADA MATERI GERAK HARMONIK SEDERHANA

Authors

  • RETNO SETIANINGSIH
  • SULIYANAH

Abstract

Literasi sains adalah suatu tindakan untuk memahami sains dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan literasi sains peserta didik setelah dilakukan pembelajaran dengan model learning cycle 7E. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain pre-experimental. Penelitian ini menggunakan rancangan one group pre-test post-test. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling, yaitu 80 peserta didik. Peningkatan kemampuan literasi sains diketahui dari hasil tes literasi sains yang dianalisis menggunakan n-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model learning cycle 7E dapat meningkatkan literasi sains peserta didik secara signifikan dengan kategori sedang pada kelas eksperimen, repikasi 1, dan replikasi 2 berturut-turut sebesar 0,61; 0,54; 0,53. Model learning cycle 7E secara konsisten dapat meningkatan kemampuan literasi sains peserta didik di SMA Negeri 2 Nganjuk pada materi gerak harmonik sederhana.

Kata kunci: Literasi Sains, Learning Cycle 7E, Gerak Harmonik Sederhana

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

19-06-2019

How to Cite

SETIANINGSIH, R., & SULIYANAH. (2019). PENERAPAN MODEL LEARNING CYCLE 7E UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK SMA PADA MATERI GERAK HARMONIK SEDERHANA. IPF: Inovasi Pendidikan Fisika, 8(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inovasi-pendidikan-fisika/article/view/28129

Issue

Section

Articles
Abstract views: 117 , PDF Downloads: 127

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>