PENGEMBANGAN KIT PRAKTIKUM PEGAS BERBASIS PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY PADA MAATERI ELASTISITAS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SISWA SMA

  • ADIYATNO NUGROHO
  • SULIYANAH

Abstract

Penelitian ini bertujun untuk mendeskripsikan hasil pengembangan kit praktikum pegas sebagai media pembelajaran fisika. Tujuan ini dapat dari mendeskripsikan kelayakan kit praktikum pegas berbasis pembelajaran guided inquiry pada materi elastisitas yang meliputi kevalidan “kit praktikum pegas”, kepraktisan “kit praktikum pegas”, efektivitas penerapan “kit praktikum pegas”. Penelitian pengembangan ini dilaksanakan menggunakan model pembelajaran ADDIIE (Analyze, Design, Develop, Implement dan Evaluation ) dan penelitian pengembangan kit praktikum pegas ini termasuk jenis pre-experimental design yang menggunakan desain the posttest only design with non-eguivalent control group. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 12 Surabaya dengan menggunakan 1 kelas eksperimen. KIT praktikum ini terdiri dari rangka kayu, pegas, neraca pegas dan alat penggulung pegas. Kit ini digunakan untuk mencari nilai konstanta pegas. Kelayakan kit praktikum pegas diperoleh dari hasil penilaian validator dengan kriteria layak. Hasil belajar siswa secara klasikal dengan kriteria tuntas. Respon siswa terhadap penggunaaan kit praktikum pegas berkategori baik. Secara umum kit praktikum pegas ini layak untuk digunakan untuk menunjang kegiatan pembelajaran fisika pada materi elasitisitas.

Kata Kunci: kit praktikum pegas, elastisitas, pembelajaran guided inquiry,




Published
2018-07-27
Section
Articles
Abstract Views: 89
PDF Downloads: 189