VALIDITAS PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN STRATEGI MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menentukan validitas perangkat pembelajaran fisika dengan strategi mind mapping untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Perangkat pembelajaran yang ditentukan validitasnya terdiri dari silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), handout, lembar kerja peserta didik (LKPD), lembar evaluasi soal. Hasil persentase validitas dikatakan sangat valid pada rentang 81%-100%. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase validitas silabus sebesar 83,92%, persentase validitas rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) sebesar 81,25%, persentase validitas handout sebesar 83,33%, persentase validitas lembar kerja peserta didik (LKPD) sebesar 84,09%, dan persentase validitas lembar evaluasi soal sebesar 84,09%. Dari hasil validitas perangkat pembelajaran dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran sangat valid digunakan dalam proses pembelajaran.
Kata kunci: validitas, perangkat pembelajaran, strategi mind mapping, berpikir kreatif
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License (CC BY-NC 4.0).
Authors retain the copyright and full publishing rights of their articles without restriction. By submitting and publishing in this journal, the author grants the journal the non-exclusive right to publish and distribute the article, provided that proper attribution is given and the use is non-commercial.
To view a copy of this license, visit https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

