VALIDITAS PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK

  • MAULIDA MARATU ADILAH
  • SULIYANAH

Abstract

Perangkat pembelajaran yaitu media untuk melakukan proses yang memungkinkan pendidik dan peserta didik melaksanakan kegiatan pembelajaran. Untuk melaksanakan pembelajaran model creative problem solving (CPS) diperlukan perangkat pembelajaran fisika yang valid dan dapat mendukung ketercapaian kompetensi yang hendak dilatihkan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas dari perangkat pembelajaran fisika dengan model creative problem solving (CPS) untuk melatihkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik. Perangkat pembelajaran yang dideskripsikan terdiri dari silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), handout, lembar kerja peserta didik (LKPD), dan lembar evaluasi peserta didik (LEPD). Perangkat pembelajaran ini divalidasi oleh dua dosen ahli pada bidang perangkat pembelajaran. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif-kuantitatif. Persentase validitas dikatakan sangat valid apabila berada pada rentang 81% sampai 100%. Hasil penelitian menyatakan bahwa persentase validitas silabus sebesar 90,62% persentase validitas rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) sebesar 84,82%, persentase validitas handout sebesar 89,88%, persentase validitas lembar kerja peserta didik (LKPD) sebesar 91,17%, dan persentase lembar evaluasi peserta didik (LEPD) sebesar 81,25%. Sehingga perangkat pembelajaran yang dikembangkan sangat valid digunakan dalam proses pembelajaran.

Kata Kunci : validitas, perangkat pembelajaran, Creative Problem Solving, keterampilan berpikir kreatif.

Published
2020-06-03
Section
Articles
Abstract Views: 53
PDF Downloads: 57