Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Group Investigation untuk Melatihkan Self Efficacy Peserta Didik Pada Materi Momentum dan Impuls di SMAN 2 Bangkalan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan Lembar Kerja Peserta Didik guna melatihkan self efficacy pada materi momentum dan impuls. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan menggunakan model pengembangan ADDIE. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan telah layak digunakan ditinjau dari validitas, kepraktisan, dan keefektifan. Validitas LKPD yang telah dikembangkan berada pada kategori valid dengan rata-rata persentase sebesar 89%. LKPD yang telah dikembangkan memenuhi kriteria praktis dengan modus persentase keterlaksanaan pembelajaran dan aktivitas peserta didik sebesar 87% dengan modus kriteria terlaksana sangat baik. Hasil belajar peserta didik menunjukkan bahwa 87% tuntas dan hasil respon peserta didik menunjukkan bahwa LKPD memperoleh respon positif sebesar 81%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa LKPD yang dikembangkan termasuk dalam kategori valid, sangat praktis, dan sangat efektif sehingga layak digunakan dalam proses pembelajaran serta dapat melatihkan self efficacy peserta didik dilihat dari hasil pengamatan dan angket perilaku self efficacy peserta didik yang tinggi.
Kata Kunci : Penelitian pengembangan, LKPD, self efficacy.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License (CC BY-NC 4.0).
Authors retain the copyright and full publishing rights of their articles without restriction. By submitting and publishing in this journal, the author grants the journal the non-exclusive right to publish and distribute the article, provided that proper attribution is given and the use is non-commercial.
To view a copy of this license, visit https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

