PENERAPAN PEMBELAJARAN MODEL INQUIRY LABORATORY UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK

Authors

  • ELI AMBARWATI
  • SULIYANAH

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan hasil penerapan pembelajaran model Inquiry Laboratory untuk melatihkan keterampilan proses sains peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimen dengan desain One Grup Pretest-Posttest. Penelitian menggunakan satu kelas eksperimen dan dua kelas replikasi untuk melihat konsistensi hasil penelitian. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode pengamatan, tes, dan angket. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) keterlaksanaan pembelajaran model Inquiry Laboratory berkategori sangat baik pada ketiga kelas berturut-urut, yaitu 85,31%, 87,78%, 89,41% (2) hasil keterampilan proses sains peserta didik meningkat secara signifikan antara sebelum dan setelah diterapkan pembelajaran model Inquiry Laboratory dengan rata-rata skor n-gain termasuk kategori sedang pada ketiga kelas, yaitu 0,627; 0,614; 0,627 (3) respon peserta didik terhadap pembelajaran model Inquiry Laboratory berada pada kategori sangat baik pada ketiga kelas, yaitu 84,79%, 79,59%, 82,86%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat dilihat bahwa keterampilan proses sains peserta didik meningkat dengan konsisten pada ketiga kelas. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran model Inquiry Laboratory dapat melatihkan keterampilan proses sains peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

02-08-2018

How to Cite

AMBARWATI, E., & SULIYANAH. (2018). PENERAPAN PEMBELAJARAN MODEL INQUIRY LABORATORY UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK. IPF: Inovasi Pendidikan Fisika, 7(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inovasi-pendidikan-fisika/article/view/25106

Issue

Section

Articles
Abstract views: 62 , PDF Downloads: 45

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 > >>