VALIDITAS PERANGKAT MODEL PEMBELAJARAN AKTIF BERBASIS INKUIRI (ABI) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS

  • NUR ERISHA HERVYANTI
  • SULIYANAH

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan validitas perangkat pembelajaran dengan model pembelajaran Aktif Berbasis Inkuiri (ABI) ditinjau dari hasil validasi oleh ahli. Model Pembelajaran Aktif Berbasis Inkuiri (ABI) merupakan suatu model pembelajaran yang mengakumulasi pembelajaran aktif dan inkuiri. Materi yang digunakan dalam perangkat pembelajaran adalah optik geometri dengan sub materi pemantulan dan pembiasan. Validitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan guna meningkatkan keterampilan berpikir kritis meliputi validitas silabus, RPP, handout, LKPD, soal evaluasi, lembar penilaian, lembar observasi dan angket respons. Hasil validitas perangkat pembelajaran didapatkan melalui lembar validasi yang ditelaah oleh 2 dosen ahli. Skala penilaian yang digunakan dalam lembar validasi memiliki skala skor 1-5. Analisis lembar validasi menggunakan tabel skor kevalidan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kuantitatif. Tempat penelitian dilakukan di Jurusan Fisika Universitas Negeri Surabaya pada semester genap tahun ajaran 2019/2020. Berdasarkan kriteria kevalidan perangkat yang dikembangkan dapat dikatakan valid apabila diperoleh persentase ≥ 61%. Dari hasil penelitian didapatkan validitas oleh ahli meliputi kevalidan silabus 80%, RPP 76,67%, handout 80%, LKPD 74,44%, soal evaluasi 75%, lembar penilaian 72,86%, lembar observasi 80% dan angket respons 80%. Berdasarkan hasil validasi menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran dengan model pembelajaran Aktif Berbasis Inkuiri (ABI) layak digunakan untuk proses belajar mengajar.

Kata Kunci: Validitas perangkat pembelajaran, Aktif Berbasis Inkuiri dan keterampilan berpikir kritis.

Abstract

The purpose of this study was to describe the validity of learning devices using Active Inquiry-Based learning models observed through the expert’s validation result. The active Inquiry-Based learning model is a learning model that accumulates active and inquiry learning. A material taken in the learning devices was the geometry optics, a section of reflection, and refraction. Validity types of developed learning devices to improve critical thinking skills were validity syllabus, lesson plan, handout, student worksheet, an evaluation test, an assessment sheet, and a questionnaire response. Moreover, the result of learning device validation was taken from the validation sheet reviewed by 2 expert lecturers. The validation sheet drew on a 1 to 5 scale score and was analyzed using a validation score table. Furthermore, this study utilized a descriptive quantitative method. The observation location was in the Physic Department of the State University of Surabaya while the even semester of 2019/2020. Based on the developed validation device criterion, a thing is valid if it gained ≥ 61% percentage. The finding showed that the expert validation presented a syllabus at 80%, lesson plan at 76.67%, handout at 80%, student worksheet at 74.44%, evaluation test at 75%, assessment sheet at 72.86%, observation sheet at 80% and questionnaire response at 80%. Therefore, learning media using Active Inquiry-Based models appropriated to use based on the validation results.

Keywords: Learning devices validation, Active Inquiry-Based Learning, critical thinking skills.
Published
2020-06-03
Section
Articles
Abstract Views: 45
PDF Downloads: 52