PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK DI MAN 1 SIDOARJO

  • RIZKY ADITYA WIJAYA
  • SULIYANAH

Abstract

Berpikir kritis adalah salah satu tahapan berpikir tingkat tinggi yang selalu berperan penting dalam kehidupan masyarakat. Manusia selalu dihadapkan pada permasalahan sehingga diperlukan data-data agar mampu membuat keputusan yang logis. Tetapi tingkat keterampilan berpikir kritis peserta didik masih rendah ketika pra-penelitian dilakukan, oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik di MAN 1 Sidoarjo. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif pra eksperimen (pre – experimental) dengan One - Group Pre-test – Post-test Design. Penelitian ini dilakukan pada tiga kelas XI MIA, Sampel yang digunakan menggunakan teknik purposive sampling dengan pertimbangan guru di sekolah. Hasil keterlaksanaan penerapan model pembalajaran guided discovery mendapatkan persentase 93%, 88% dan 86% dengan kriteria sangat baik. Peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik dapat dilihat dari nilai perbandingan Pre-test dan Post-test yang mengalami peningkatan. Hasil analisis n-gain pada kelas eksperimen 0,650 berkatagori sedang, untuk kelas replikasi satu 0,606 katagori sedang, dan pada kelas replikasi dua 0,706 berada kategori tinggi. Respons peserta didik terhadap penerapan model pembelajaran guided discovery berada pada kategori sangat baik. Jadi kesimpulan yang diperoleh adalah pembelajaran model guided discovery dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik dan mendapat respons yang baik dari peserta didik.

Kata Kunci : Guided Discovery, Keterampilan Berpikir Kritis, Pre-test, Post-test.

Published
2019-07-29
Section
Articles
Abstract Views: 41
PDF Downloads: 34